Dana Desa Cair, Pembangunan Fisik di Genjot

341 views

PUSAKA Publik.com.  Pembangunan Fisik di Desa Matua Kecamatan Woja Kabupaten Dompu Mulai dikerjakan. Pembangunan fisik berupa pembukaan gang dan penimbunan disertai pembuatan saluran drainase itu dilakukan di Dusun Rasanggaro Barat.

Kegiatan pembangunan tersebut bersumber dari anggaran Dana Desa (DD) Desa Matua tahun 2017 dengan volume 152 meter dengan biaya sebesar 126, 677 juta.  Diharapkan dengan dibukanya gang tersebut dapat meningkatkan akses keluar masuk warga yang berada dipinggiran sungai, sehingga dapat mempermudah aktivitas masyarakat dalam melakukan aktifitasnya. Ungkap Kepala Desa Matua Muslim Gunawan, S. Sos.

Selain itu, Lanjut Gunawan sapaan akrab Kapala Desa Matua, dengan dibangunya jalan tersebut dapat merubah tata ruang pemukiman yang sebelumnya wilayah disekitar bandaran sungai ini kumuh dan penuh dengan sampah dan limbah rumah tangga, namun dengan telah dibangunnya jalan ini kesan yang kumuh dan kotor tadi berubah menjadi wilayah yang bersih dan teratur.

Menurut Koordinator Pelaksana Teknis Pengelola Keuangan Desa (PT-PKD) Siti Masita, Kegiatan pembangunan di Desa Matua memang sudah mulai dilaksanakan terutama untuk tahap pertama, baik pembangunan berbentuk fisik maupun nonfisik. Pada proses pencairan Dana Desa dan Alokas Dana Desa pada tahun ini sedkit berbeda yakni proses pencairan tahap pertama sebesar 40 persen, tahap kedua 30 persen dan tahap ketiga 30 persen.

Sementara itu, lanjut Ayu, sapaan akbar Sekretaris Desa Matua ini, Pelaksanaan Kegiatan pembangunan di Desa Matua dilakukan Oleh Pelaksana Teknis Pengelolaan Keuangan Desa dan Pelaksana Kegiatan Desa (PT-PKD dan PKD). Untuk PT-PKD terdiri dari Sekretaris Desa sebagai Koordinator, Kepala Seksi Pemerintahan, Kepala Seksi Kesejahteraan dan Kepala Seksi Pelayanan dan Bendahara. Sementara PKD terdiri dari Masing-masing Kepala Seksi, satu orang dari  LPM dan satu orang lainnya dar Wakil masyarakat. Pungkasnya (PP01).

AnggaranDesa Desa Dompu Pembangunan

Related Post

Leave a reply