Bagaimana Islam memandang ibu sbg sosok yang dimuliakan dan dihormati?

631 views

Para anggota Polres Banjarnegara mencium kaki ibu mereka dalam peringatan Hari Ibu di halaman Mapolres, Jumat (22/12). (Foto suaramerdeka.com/M Syarif SW)

Oleh Ahmad Thib Raya
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Hari ini, Jumat tanggal 22 Desember 2017, kita memperingat Hari Ibu (Mothers’ Day = يوم الأمهات). Hari ini akan meningatkan kita pada ibu kita, yang telah sangat berjasa dalam membesarkan, mendidik, mendoakan kita menjadi orang-orang yang sukses dan hebat.

Hari ini mengingatkan kita pada ibu kita, apa yang telah dilakukan oleh ibu, dan jasa-jasa yang telah diberikan ibu kepada kita semua sebagai anaknya. Islam menjunjung tinggi harkat dan martabat ibu karena peranan yang luar biasa.

Mari kita simak bagaimana ajaran Islam memandang ibu sebagai sosok yang sangat dimuliakan dan dihormati. Sebagai berikut:

1. Surga berada di bawah telapak kaki Ibu. Artinya, bahwa surga yang kelak akan didapatkan oleh seoarang anak adalah karena ketaatan dan kepatuhan kepada ibunya.

2. Dalam suatu hadis disebutkan tentang dialog yang terjadi antara Rasulullah dengan sahabatnya tentang ketaatan kepada kedua orang tua. Rasulullah menyebutkan bahwa ketaatan terhadap ibu dibandingkan dengan ayah adalah 3:1. Kepada siapa seorang anak harus taat dan patuh. Nabi menjawab: “ibumu, ibumu, ibumu, lalu ayahmu.”

3. Ibu telah memberi segalanya untuk anaknya, tanpa mengenal lelah dan capek. Ibumu telah memberi segalanya kepadamu tanpa berharap kembali. Jasa ibumu begitu besar, tidak akan pernah engkau bisa bayar. Kasih itu, kata sebuah syair lagu, kepada beta tak terhingga sepanjang masa. Hanya memberi, tak harap kembali. Bagai sang surya menyinari dunia.

4. Membalas jasa dan kebaikan ibu hanya dengan berbuat baik kepadanya, mengabdi kepadanya, dan mendoakannya. Dengan begitu, engkau akan mendapatkan surge di bawah telapak kaki. Sebaliknya, jika engkau berdosa kepada ibumu, maka surga yang ada di bawah telapak kaiknya akan berganti dengan neraka. Kelak engkau akan memasuknya dan mendapatkan siksaan yang luar biasa.

Semoga kita menjadi anak yang taat kepada ibu, dan mengabdi kepadanya. Aamiin. Walaahu a’lam bi al-shawaab. Jakarta-Matraman, Jumat pagi, tanggal 22 Desember 2017.

Hari Ibu Islam Sosok dihormati

Related Post

Leave a reply