BAN-PT Lakukan Visitasi Akreditasi Prodi PBSI STKIP Yapis Dompu

1053 views

Dari kanan Furkan, SH, MH (Wakil Ketua Yayasan), Drs. Muh. Guanawan, M. Pd (Ketua STKIP Yapis DOMPU, Prof., Dr. Nurhayati, M. Pd. ( Asesor BAN-PT dari Universitas Sriwijaya), Dr. Dyah Werdiningsih, M. Pd. (Asesor BAN-PT dari Universitas Islam Malang)

PUSAKApublik.com, Dompu – Berdasarkan surat tugas yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) No. 555/BAN-PT/SPT-AK/A/2018 tentang pelaksanaan Asesmen Lapangan terhadap Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia pada program S1 STKIP Yapis Dompu, yang dilaksanakan mulai tanggal 15-17 Maret 2018.

Kedatangan Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN- PT)  Prof., Dr. Nurhayati, M. Pd. (Universitas Sriwijaya) dan Dr. Dyah Werdiningsih, M. Pd. (Universitas Islam Malang) disambut dengan penuh rasa kekeluargaan oleh Civitas Akademika STKIP Yapis Dompu dan Pimpinan Yayasan Pendidikan Islam (Yapis) Dompu bertempat di Kampus STKIP Yapis Dompu, Jum’at (16/03).

Fato Para Dosen dan Pengurus STKIP Yapis Dompu saat acara pembukaan

Setelah melakukan acara penyambutan dilanjutkan dengan acara pembukaan visitasi mulai sekitar pukul 08.30 wita. Dalam Sambutannya Ketua Yapis Dompu yang diwakili Furkan, SH., MH. Menyampaikan kedatangan assesor dalam hal ini nantinya diharapkan dapat memberi arahan, masukan, dan sekaligus menjadi panutan bagi civitas akademika. Dengan adanya visitasi yang dilakukan oleh Tim Assesor ini pula diharapkan dapat diketahui sejauh mana upaya lembaga dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat dan dalam pengembangan lembaga. Muda-mudahan visitasi kali kedua (reakreditasi) setelah visitasi tahun 2013 dapat menunjukan pengembangan lembaga STKIP semakin baik dalam pengelolaan lembaga yang unggul.

Ketua STKIP, Drs. Muhammad Gunawan, M. Pd dalam sambutanya juga menyampaikan bahwa kedatangan assesor merupakan keberkahan pengembangan kelemahan dan kekurangan lembaga. Agar kedepan dapat diperbaiki untuk pengembangan lembaga yang kami pimpin dan harapan kami kepada tim assesor dapat membimbing dan mengarahkan tentunya demi keberhasilah lembaga yang kami pimpin kedepan.

Sementara itu Assesor, Prof., Dr. Nurhayati, M. Pd. menyampaikan kedatangan kami tentunya melakukan klarifikasi dokumen data kualitatif dan kuantitatif sesuai dengan bahan yang diajukan. ungkapnya, lebih lanjut Prof. Nurhayati mengatakan kami melakukan visitasi yang seobyektif mungkin, melakukan pendekatan kemitraan dengan civitas akademika STKIP, dan tentunya juga kami tetap berkelakuan baik sesama muslim dan antar sesama. Tegasnya

Begitupun Assesor, Dr. Dyah Werdiningsih, M. Pd. dalam sambutannya juga mengungkapkan hal yang senada dengan penyampaian Prof., Dr. Nurhayati, M. Pd., Kerja sama yang baik dari semua pihak civitas akademika merupakan kunci peningkatan mutu kelembagaan STKIP Yapis Dompu. tutupnya

Foto Asesor sedang melakukan wawancara dengan Pimpinan Prodi PBSI

Setelah acara pembukaan yang cukup singkat, para assesor melanjutkan dengan melakukan wawancara dengan beberapa unsur lembaga yang terbagi dalam beberapa sesi wawancara. Sesi pertama mewawancarai para pengurus STKIP, mulai dari ketua, waket I-III, ketua program studi, penjaminan mutu. Sesi kedua tim assesor melanjutkan dengan mewawancarai para alumni. Sesi ketiga dilanjutkan dengan mewawancarai kepala laboratarium TI, kepala perpustakaan, mahasiswa, dan disesi yang terakhir dengan para dosen atau tenaga pengajar STKIP.

Pada kesempatan wawancara tersebut, terdapat beberapa aspek yang menjadi perhatian tim asesor BAN-PT, yang pertama yakni pentingnya melakukan sinkronisasi seluruh data dari berbagai unit kerja STKIP dengan menggunakan sistem yang terintegrasi. Artinya bahwa data yang telah sinkron merupakan dasar pertimbangan dalam setiap pengambilan keputusan yang dilakukan disetiap hierarki organisasi STKIP.

Foto Bersama Asesor, Yayasan, Dosen dan Pengurus STKIP Yapis Dompu

Aspek kedua yakni pentingnya percepatan dalam peningkatan kompetensi dan kualifikasi dosen, memperbaiki manajemen sumber daya manusia lembaga (SDM). Visitiasi ini merupakan bagian dari Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) serta sebagai upaya untuk menjaga kredibilitas STKIP kepada stakeholder maupun pada masyarakat.

Foto Asesor saat meninjau Fasilitas Perpustakaan STKIP Yapis Dompu

Dari Pantauan Media PUSAKpublik.com, Usai melakukan wawancara dengan berbagai unsur, kedua Asesor  BAN-PT meninjau sarana dan prasarana penunjang perkuliahan yang ada di STKIP Yapis Dompu. (Zen)

Akreditas PBSI BAN PT Dompu STKIP Yapis

Related Post

Leave a reply