Raih Akreditasi B, Ketua STIE Yapis Ajak Masyarakat Kuliah di Dompu.

1428 views

Foto Proses Asesmen Lapangan Visitasi Akreditasi Prodi Akuntasi (S1) STIE Yapis Dompu/ Dok. Egar Sintetick Mosnate Zirkonia.

PUSAKApublik.com, Dompu– Akreditasi merupakan penentuan standar mutu dan penilaian suatu lembaga pendidikan (pendidikan tinggi) oleh pihak di luar lembaga yang independen. Akreditasi juga diartikan sebuah upaya pemerintah untuk menstandarisasi dan menjamin mutu alumni perguruan tinggi sehingga kualitas lulusan antara perguruan tinggi tidak terlalu bervariasi dan sesuai kebutuhan kerja.

Akreditasi merupakan proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen perguruan tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan Tridarma perguruan tinggi, untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan. Evaluasi dan penilaian dalam rangka akreditasi program studi dilakukan oleh team asesor yang terdiri atas pakar yang memahami hakikat pengelolaan perguruan tinggi.

Akreditasi menjadi sebuah aset penting untuk menetapkan posisi sebuah lembaga institusi perguruan tinggi atau program studi dalam tataran kompetisi pengelolan dengan institusi perguruan tinggi dan program studi lain serta merupakan tolok ukur bagi lembaga pengguna produk program perguruan tinggi untuk memastikan lulusan tersebut layak karena dihasilkan dari proses pengelolaan yang terkawal dengan baik.

Seperti halnya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Yapis Dompu, Setelah dilakukan Asesmen Lapangan dalam Proses Visitasi Akreditasi Program Studi Akuntansi Oleh Tim Asesor Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) pada tanggal 8-10 Maret lalu.

Pada Rabu (21/03) BAN-PT melalui Situs Resminya mengumumkan perolehan nilai hasil Asesmen Lapangan dengan Bobot 311 dengan  kriteria Baik (B). Sebelumnya prodi akuntasi pada akreditasi sebelumnya (2013 red)  mendapatkan nilai C, namun pada akreditasi tahun ini prodi Akuntasi STIE Yapis Dompu Mampu memperoleh Nilai B.

“Alhamdulillah hasil visitasi akreditasi program studi S1 Akutansi STIE YAPIS Dompu mendapat peringkat B atau nilai B” Ungkap Ketua STIE Yapis Dompu Furkan, SH, MH pada Rabu (21/3).

Nilai B, lanjut Aba Khan sapaan akrab Ketua STIE ini, Tentu saja sangat penting. Akreditasi  dengan nilai B bisa memberikan manfaat pada semua pihak, baik itu pemerintah, calon mahasiswa atau orang tua, pasar kerja, lokal, regional, nasional maupun internasional, organisasi penyandang dana, dan terutama bagi perguruan tinggi atau program studi akuntansi sendiri.

” Nilai B dapat mempermudah Prodi atau Institusi untuk memperoleh mendapatkan Beasiswa bagi mahasiswa terutama beasiswa Bidikmisi dan hibah-hibah baik dari Pemerintah maupun swasta”.

oleh karena itu, dengan terakreditasinya prodi akuntasi dengan nilai B, masyarakat tidak perlu ragu-ragu lagi dan tidak perlu kuliah jauh-jauh mengingat di Dompu sendiri sudah ada Kampus yang  berkualitas dan tidak kalah kualitasnya dengan kampus di luar Dearah.

“Ayo…masyarakat Dompu tidak perlu kuliah jauh-jauh cukup di STIE Yapis Dompu saja, dengan biaya kuliah terjangkau dan kualitas sama dengan Perguruan Tinggi lainnya di Indonesia”  Ajak Aba Khan

Lanjut Aba Khan,  Akreditasi sangat diperlukan untuk kampus maupun prodi. karena dapat dijadika standar ukuran tentang mutu pendidikan pada suatu lembaga pendidikan perguruan tinggi, dimana setiap perguruan tinggi harus bisa meningkatkan mutu dan daya saing terhadap lulusannya dan dapat menjamin tentang proses belajar mengajar pada perguruan tinggi tersebut.

“Akreditasi dapat dijadikan sebagai acuan untuk memberikan informasi tentang sudah siapnya suatu perguruan tinggi dalam melakukan kegiatan proses belajar mengajar sesuai standarisasi yang diberikan oleh pemerintah (BAN PT). cetusnya

Selain itu, Akreditasi menjadi syarat mutlak bagi calon mahasiswa dalam mencari tempat kuliah, selain kualitas yang dicari ada beberapa institusi atau perusahaan yang hanya menerima lulusan dengan akreditasi minimal B, khususnya BUMN dan institusi pemerintah. Dari akreditasi, calon mahasiswa bisa melihat mutu / kualitas program studi yang dipilih. Selain untuk melihat kualitas mutu suatu jurusan, akreditasi ini juga digunakan sebagai standar untuk mengeluarkan ijazah.

Akreditasi yang baik merupakan investasi bagi pengelola program studi untuk bersaing dalam merekrut mahasiswa baru dan membekali lulusannya menghadapi dunia kerja. Sudah terbukti di lapangan kerja, lulusan program studi yang mendapatkan akreditasi B lebih diutamakan ketika mendaftar sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) maupun rekrutmen pekerjaan sektor swasta lainya. (Pp01).

Akreditasi B Prodi Akuntasi STIE Yapis Dompu

Related Post

Leave a reply