Universitas Udayana Lakukan Program Asuh PTU di STKIP Yapis Dompu

715 views

Foto Ardin (04/05/2018)

PUSAKApublik.com, Dompu– Mengawali serangkaian kegiatan Unversitas Udayana sebagai salah satu dari 29 Perguruan Tinggi memperoleh hibah Program Asuh PT Unggul tahun 2018 yang diaadakan oleh Direktorat Belmawa Ristekdikti dilakukan kegiatan lokakarya Penguatan Kapasitas SPMI dan Peningkatan Institusi dalam Mengelola Sistem Penjaminan Mutu Internal yang nantinya dilanjutkan dengan pendampingan dan kegiatan magang. Kegiatan dilaksanakan di 4 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan 25 program studi yang berada di Mataram, Dompu, dan Maumere yang menjadi PTS asuh sesuai dengan persyaratan yang ditentukan dalam Program Asuh PT Unggul Bahwa Perguruan Tinggi yang memiliki peringkat akreditasi A (Unggul) wajib menjadi membina minimal sebanyak 20 program studi dari sejumlah PTS yang kondisinya memang perlu memperoleh asuhan dengan kriteria PTS berada pada kluster 3 dan 4 dengan mayoritas peringkat akreditasinya masih C. Syarat lain adalah minimal 1 (satu) PTS asuh berada di daerah khusus sesuai Perpres Nomor 131 Tahun 2015 tentang Penetapan Daerah Tertinggal tahun 2015/2019.

Lokakarya dilaksanakan di 3 tempat yaitu Mataram, Dompu dan Maumere.Pembukaan dilakukan di Mataram oleh Rektor Universitas Udayana Prof. Dr. dr. A.A Raka Sudewi, Sp.S(K) didampingi Koordinator Kopertis Wilayah VIII Prof, Dr. Drs. I Nengah Dasi Astawa, M. Si. Mengawali serangkaian kegiatan lainnya. Untuk di Dompu kegiatan dipusatkan di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendididikan (STKIP)  Yapis Dompu. Lokakarya dilaksanakan pada Tanggal 3 s.d 5 Mei 2018. Dalam sambutannya bapak Ir. I Nyoman Budiarsa, MT, Ph.D sebagai sekretaris LP3M Universitas Udayana mengatakan diantara 4 PTS asuhan, STKIP Yapis Dompu memiliki arti tersendiri dikaitkan pembinaan terhadap perguruan tinggi di Kabupaten Dompu bersifat sangat strategis karena sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 131 Tahun 2015, Dompu merupakan salah satu daerah/kabupaten yang tercantum dalam daftar 3T sehingga semua pihak memang diharapkan untuk membantu peningkatan kesejahteraan di wilayah ini, termasuk melakukan pembinaan terhadap mutu pendidikan tingginya.

Foto Ardin (04/05/2018)

Sebagai tindak lanjut kegiatan Lokakarya ini akan dilengkapi dengan kegiatan pendampingan pada akhir bulan Mei 2018 dan juga dilanjutkan dengan kegiatan magang penyusunan instrument monev serta Pelatihan auditorial internal mutu internal. Harapan akhir seluruh kegiatan ini adalah terbentuknya kelembagaan SPMI baik di tingkat institusi maupun di tingkat prodi serta dimiliknya Dokumen kebijakan SPMI serta terimplementasikannya SPMI dengan baik di 4 PTS asuhan tersebut yang ditandai meningkatnya peringkat akreditasi Prodi di seluruh PTS tersebut. (Ardin)

Dompu PT Asuh STKIP Yapis Universitas Udayana

Related Post

Leave a reply