Setelah Diresmikan Presiden Jokowi, Ini 10 Manfaat Bendungan Tanju

700 views

PUSAKAPUBLIK.COM, Dompu– Presiden Republik Indonesia , Ir. H. Joko Widodo pada Senin (30/7) kemarin bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur NTB Dr. Muhammad Zainul Majdi serta Bupati Dompu H Bambang M.Yasin meresmikan Bendungan Tanju. Bendungan baru di Kabupaten Dompu dibangun dengan menelan anggaran senilai Rp 124 miliar yang berkapasitas tampung mencapai 17,86 juta meter kubik dan luas genangan 325,2 hektar. Luas yang bisa dialiri bendungan  ini diproyeksi mencapai 2.250 hektar lahan pertanian.

Presiden RI Ir Joko Widodo mengungkapkan kunci pembangunan di NTB yaitu adanya air. Hal tersebut tidak lepas dari komoditi sektor pertanian yang berkembang pesat, di Dompu sendiri komoditi yang paling gencar dilaksanakan yaitu Tebu, Sapi, Jagung, dan Rumput Laut.

Menurut Presiden, pembangunan Bendungan terbanyak di Indonesia yaitu di NTB, “ untuk NTB kita bangun lima bendungan atau waduk, di daerah lain cuma kebagian satu atau dua” ungkap orang nomor satu di Indonesia itu.

Namun Jokowi menyesali pembangunan bendungan di Indonesia sendiri masih tertinggal dengan Negara-negara lain. Indnesia baru memiliki bendungan sebanyak 231 bendungan, dibandingkan dengan Amerika memiliki 6.100 bendungan, Cina 1.100 Bendungan, dan Jepang dengan 3000 bendungan. ‘’Tentu saja Indonesia masih tertinggal jauh dengan Negara-negara tersebut,’’ Ungkap Jokowi Sapaan akrab Presiden Joko Widodo.

sementara itu Gubernur NTB dalam laporannya memaparkan bahwa dari sumber irigasi baru ini, kami berharap bisa meningkatkan panen produk pertanian andalan seperti padi dan jagung di Dompu dan sekitarnya, menjadi 3 kali dari satu kali panen. Selain itu, Bendungan Tanju juga bisa menjadi sumber penyedia air baru bagi masyarakat dgn intensitas aliran 54 liter/detik, sekaligus sebagai bangunan pereduksi banjir hingga 155 meter³/detik. Dan tentu saja, berpotensi jadi destinasi wisata air baru bagi masyarakat Dompu dan sekitarnya.” Ungkap Gubernur NTB Dr. Muhammad Zainul Majdi

Alhamdulillah, dengan diresmikannya Bendungan Tanju, Nusa Tenggara Barat kini telah memiliki 10 bendungan yang multifungsi sebagai sumber irigasi pertanian, sanitasi, pencegah banjir sekaligus obyek pariwisata. 4 bendungan di Pulau Lombok dan 6 lainnya termasuk Tanju di pulau Sumbawa. Tak bisa dipungkiri sebagaimana ucapan Presiden, di NTB, air adalah kunci pembangunan. Cetus TGB

Diperkiran Bendungan Tanju dapat di optimalkan awal tahun 2019 sekitar bulan Januari-Februari, karena menurut perkiraan hujan akan mulai turun dari bulan Agustus atau September 2018 dan akan memenuhi debit air di Bendungan Tanju.

Namun tahukah anda bahwa bendungan tidak hanya untuk menampung air dalam volume yang banyak saja, namun bendungan juga memiliki fungsi atau manfaat yang sangat beragam. Beberapa manfaat dibangunnya bendungan diantaranya:

  1. Menampung Air Dalam Volume Yang Besar

Prinsip awal dibangunnya bendungan yakni untuk membendung aliran sungai hingga tertampung dalam volume yang besar. Penampungan air dalam volume yang besar dapat digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas bagi masyarakat sekitar bendungan. Adanya bendungan membuat air sungai tertahan dan tidak terus menerus mengalir, sehingga air dapat tertampung dan dimanfaatkan untuk berbagai hal dan mencukupi kebutuhan air masyarakat sekitar bendungan.

Menampung air sungai pada bendungan juga berfungsi untuk menampung air sebagai cadangan air sungai. Sehingga jika aliran sungai mengering, tidak perlu khawatir karena masih terdapat cadangan air pada bendungan.

  1. Mencukupi Kebutuhan Air Bersih

Air sungai terkadang memiliki aliran yang keruh, terutama ketika musim hujan. Aliran sungan yang airnya mengalir akan semakin keruh apabila terus mengalir karena penyebab air keruh akan sulit untuk mengendap. Air sungai yang keruh sulit dimanfaatkan untuk keperluan masak dan minum. Dengan adanya bendungan, alian air sungai yang keruh dapat ditampung terlebih dahulu agar kotoran pada air sungai dapat mengendap. Dengan air yang lebih tenang pada bendungan, air sungai yang keruh dapat mengendap karena tidak terjadi  aliran air. Sehinga air yang sudah dibendung terlebih dahulu berwarna lebih bersih dibandingkan air sungai yang terus mengalir.

  1. Pengendalian Banjir

Ketika musim hujan tiba, volume air pada aliran sungai juga meningkat. Peningkatan debit air sungai dapat menyebabkan terjadinya banjir apabila sungai sudah tidak dapat menampung lagi jumlah air yang melalui sungai. Untuk mengatasi banjir bagi masyarakat di sekitar sungai, bendungan menjadi salah satu pilihan yang dapat digunakan untuk mengatasi banjir. Dengan adanya bendungan, debit air berlebih pada sungai dapat ditampung terlebih dahulu sehingga debit aliran air dapat diatur. Dengan debit air yang normal, maka akan terhindar dari masalah banjir.

  1. Sumber Irigasi

Ketika aliran sungai tidak melewati semua jalur pertanian, bendungan dapat dijadikan salah satu alternatif untuk tetap menyediakan kebutuhan air untuk wilayah pertanian. Dengan adanya bendungan, kemudian dapat dibuat semacam sungai kecil untuk menyalurkan air ke tempat-tempat persawahan yang jauh dari sungai. Aliran air juga dapat diatur, sehingga air tidak terus mengalir, tetapi dapat ditampung dan digunakan saja seperlunya.

  1. Sebagai Lokasi Budidaya Perikanan

Air yang terdapat pada sungai akan selalu mengalir mengikuti arus sungai. Aliran air sungai tidak dapat digunakan untuk ‘menyimpan’ ikan atau makhluk lainnya. dengan dibentuknya bendungan aliran air dapat menjadi tenang, sehingga dapat digunakan budidaya dan beternak ikan. Bendungan dapat menyediakan lokasi untuk memasang jaring-jaring pembatas sebagai tempat untuk budidaya ikan. Dengan begitu, ikan tidak akan lari dan mudah untuk diawasi dan dibudidayakan.

  1. Tempat Konservasi Hewan Dan Tumbuhan

Adanya bendungan dapat menjadikan hewan air untuk hidup dan berkembang biak dengan nyaman dibandingkan dengan di aliran sungai. Dengan adanya bendungan, binatang air yang hidup di dalamnya menjadi lebih banyak dan bervariasi. Selain ikan dan jenis hewan laut lainnya yang hidup di bendungan, bendungan juga bermanfaat untuk menjaga kesuburan tanaman di sekitarnya. Tanaman yang tumbuh di sekitar bendungan dapat hidup lebih subur karena kebutuhan airnya terpenuhi. Selain tumbuhan di sekitar bendungan, adanya bendungan juga dapat dijadikan tempat budi daya tanaman air, yang nantinya dapat dikembangbiakkan dan bermanfaat untuk dijual atau dijadikan kerajinan.

  1. Mata Pencaharian Masyarakat Sekitar

Bendungan menciptakan suatu ekosistem baru dan kehidupan baru terlebih untuk hewan air seperti ikan. Ikan akan lebih mudah berkembang biak dalam air tenan seperti bendungan, dibandingkan dengan pada sungai yang mengalir. Ikan yang berkembang biak secara liar di bendungan dapat dimanfaatkan baik untuk dikonsumsi maupun untuk dijual kembali dan dapat memenuhi kebutuhan perekonomian masyaraat sekitar.

  1. Sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air

Listrik merupakan kebutuhan manusia yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Sebagian besar listrik yang dialirkan kepada masyarakat berasal dari pembangkit listrik tenaga batu bara. Akan tetapi, batu bara sebenarnya dapat habis karena merupakan bahan tambang yang tidak dapat diperbaharui. Oleh karena itu, perlu dicarikan solusi agar kebutuhan manusia akan listrik tetap terpenuhi. Salah satunya dengan menggunakan pembangkit listrik tenaga air. Dengan bantuan bendungan, maka pembuatan pembangkit listrik tenaga air akan lebih mudah, karena dengan adanya bendungan debit air untuk menggerakkan turbin listrik untuk menghasilkan energi listrik.

  1. Dijadikan Objek Wisata

Bendungan dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk berwisata. Bendungan dibangun menjadi tempat untuk melepaskan lelah dengan beberapa wahana wisata yang dapat digunakan di atas air, seperti perahu kecil, speedboot dan beberapa wahana lainnya. Bagian tepi bendungan juga dapat dijadikan tempat berteduh untuk sekedar melepas lelah dengan melihat pemandangan bendungan.

Bendungan juga dapat dijadikan tempat untuk memancing dan beberapa kegiatan lainnya. Dengan dimanfaatkannya bendungan sebagai tempat wisata, maka akan meningkatkan perekonomian masyarakat dengan berjualan di sekitar bendungan.

  1. Sebagai Sarana Olah Raga Air

Bendungan dapat dijadikan salah satu tempat untuk latihan olahraga air seperti renang. Tidak perlu sampai ke pantai untuk melakukan latihan olah raga air yang memerlukan tempat yang luas seperti sky air dan mendayung. (PP01/online).

Bendungan Tanju ini 10 manfaat Joko widodo Setelah diremikan

Related Post

Leave a reply