PT SMS dituding Rugikan Petani Tebu

709 views

Foto. Terlantar; Tampak Tebu yang sudah ditebang dan tidak terangkut oleh Kontraktor yang ditunjuk PT SMS (Dok. Facebook Moh. Fatir)

PUSAKAPUBLIK.COM, Dompu— Rendahnya posisi tawar petani dalam proses usaha tani tebu, membuat petani tidak memiliki kemampuan untuk berbuat banyak terutama untuk menentukan harga dan pasar untuk menjual tebunya dikarenakan struktur pasar yang monopsoni (hanya ada pembeli tunggal).

Setidaknya hal itulah yang sedang dialami petani tebu di Desa Calabai Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu, setiap tahun petani tebu mengalami kerugian karena tebu mereka ditelantarkan dan tidak diangkut oleh  kontraktor pelaksana penebangan dan pengangkutan yang ditunjuk  PT. SMS selaku pembeli tunggal.

“Kontraktor yang telah ditunjuk PT. SMS sebagai pelaksana penebangan dan pengangkutan Tebu Rakyat tidak kredibel dan kompeten dalam melakukan pekerjaanya, akibatnya petani mengalami berbagai masalah” Beber Kades Calabai Moh. Fatir melalui linimasa facebooknya, Selasa (21/08).

Untuk itu, Moh. Fatir berharap kepada pemerintah kabupaten Dompu terutama Dinas Pertanian dan Perkebunan untuk turun tangan memfasilitasi petani dan PT. SMS untuk mencarikan solusi terbaik dalam menyelesaikan masalah ini.  sebab jika di biarkan  justru akan memunculkan masalah yang besar, terutama masa depan program Terpijar di Kecamatan Pekat.

“Hal ini kalau dibiarkan akan menjadi Preseden buruk bagi pengembangan areal tanam tebu rakyat kedepan khususnya di kec. Pekat” Tegas Moh Fatir. (Pp01)

Dompu Petani Tebu PT SMS

Related Post

Leave a reply