Semester I 2018, Kekerasan Perempuan 99 Kasus, Anak 52 Kasus

450 views

Kabid Perlindungan Perempuan dan Anak, Rahman, S. Sos, S. Km., M. Kes

PUSAKAPUBLIK.COM, Dompu – Kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kabupaten Dompu pada semester I 2018 atau periode 1 Januari – 30 Juni cukup tinggi. Berdasarkan data yang dirilis oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Dompu jumlah kasus kekerasan terhadap perempuan dalam periode tersebut sebanyak 99 kasus. Sedangkan kasus kekerasan terhadap anak sejumlah 52 kasus.

Kabid Perlindungan Perempuan dan Anak, Rahman, S. Sos, S. Km., M. Kes menerangkan data kekerasan terhadap perempuan dan anak itu bersumber dari 3 data yang dipadukan yakni  Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Dompu, Lembaga Perlindungan Anak (LPA) dan DP3A Kabupaten Dompu. Dikatakan Rahman, meskipun data bersumber dari 3 instansi/lembaga tetapi tidak terjadi dobel data.

“Kami sudah melakukan verifikasi terhadap 3 sumber data itu sehingga tidak ada dobel data. Ada yang dobel kami coret,” kata Rahman yang didampingi Kepala Seksi, Nasrullah, S. KM.

Ia menyebutkan kasus kekerasan terhadap perempuan berupa penganiayaan dan pemukulan yang dilakukan oleh suami terhadap istrinya. Sedangkan kekerasan terhadap anak berupa penganiayaan atau pemukulan yang dilakukan oleh orang tuanya sendiri maupun oleh orang lain. “Ada juga berupa pelecehan seksual seperti yang terjadi di Kecamatan Pajo pada bulan Januari 2018 seorang kakek 75 tahun mencabuli anak perempuan umur 6 tahun,” sebutnya.

Lebih lanjut, Rahman menerangkan pihaknya tetap melakukan pendampingan terhadap kasus-kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak yang dilaporkan ke kantornya. (emo).

Anak Dompu Kekerasan Perempuan

Related Post

Leave a reply