BKD Tegaskan, Akreditasi Perguruan Tinggi atau Akreditasi Program Studi Bisa Mengikuti Test CPNS

1073 views

PUSAKAPUBLIK.COM, Dompu, -Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafrudin mengeluarkan perubahan persyaratan akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi melalui regulasi bernomor: B/480/M.SM.01.00/2018 tertanggal 2 oktober 2018  terkait persyaratan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018, utamanya berkaitan dengan akreditasi Perguruan Tinggi dan/atau Program Studi bagi pelamar CPNS 2018 .

Dengan dirubahnya persyaratan tersebut, menurut kepala bidang Pengadaan dan Pengembangan Pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Dompu, Asraruddin, SH, maka akreditasi yang diwajibkan adalah akreditasi Perguruan Tinggi dan/atau Program Studi.

” Berdasarkan perubahan persyaratan dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi no 36 tahun 2018 dan setelah melakukan konsultasi maka Pemerintah Kabupaten Dompu mengambil kebijakan bahwa persyaratan akreditasi yang dimaksud dapat berupa akreditasi Perguruan Tinggi dan/atau akreditasi Program Studi.

Maksudnya adalah bahwa persyaratan akreditasi dapat berupa akreditasi Perguruan Tinggi atau dapat berupa akreditasi Program Studi. Hal ini dimaksudkan untuk membuka kesempatan maupun peluang yang sama bagi seluruh pelamar CPNS 2018, ujar Dae One sapaan akrab Asraruddin, SH.

Dijelaskan pula oleh Asraruddin, SH, dirubahnya ketentuan mengenai persyaratan akreditasi tersebut merupakan respon cepat dari pihak Kemenpan RB dan Pemerintah Kabupaten Dompu dalam menyikapi keluhan masyarakat atau calon pelamar CPNS terkait dengan persyaratan akreditasi.

Selain itu, terkait dengan perbedaan nama Program Studi dengan nama formasi CPNS yang di umumkan oleh Pemerintah Daerah, Dae One menjelaskan bahwa selama dalam satu rumpun disiplin ilmu, maka BKD tidak mempersoalkan nya, contohnya adalah Program Studi yang diikuti pada saat kuliah adalah Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, sedangkan yang terdapat di dalam formasi CPNS Dompu adalah Pendidikan Teknik Informatika, maka perbedaan ini tidaklah menjadi masalah, sebab keduanya berbasis pada disiplin ilmu yang sama yaitu Kependidikan.

Hal ini terkait dengan keluhan beberapa pelamar CPNS yang mengkhawatirkan jika perbedaan nama Program Studi pada saat mereka mengikuti kuliah di Perguruan Tinggi dengan nama formasi CPNS dapat mengakibatkan ditolaknya berkas pelamar tersebut. (PP001)

BKD CPNSD Dompu

Related Post

Leave a reply