Pentingnya Berorganisasi

606 views

Oleh: Nuril Qomaria

Mahasiswi Prodi. Pendidikan Sejarah STKIP Yapis Dompu

Foto: Nuril Qomaria

Dikalangan mahasiswa sudah tidak asing lagi dengan yang namanya organisasi, internal maupun eksternal. Secara tidak sadar organisasi membantu perkembangan diri maupun pengetahuan dari mahasiswa itu sendiri.

Namun sayangnya, peminat organisasi internal dan eksternal mulai berkurang karena banyak yang menganggap bahwa bergelut pada struktural organisasi hanya menghabiskan waktu.

Dan ada pula mahasiswa menganggap bahwa berorganisasi akan mengganggu jam perkuliahan dan menjadikan mahasiswa itu mahasiswa abadi, sikap apatis ini kadang lahir pada mahasiswa yang menganggap organisasi itu tidak penting dan kurang bermanfaat.

Tapi tidak semua anggapan tersebut benar, tidak semua mahasiswa yang berorganisasi menjadi mahasiswa abadi, yang ikut serta dalam struktural organisasi bukan hanya sekedar menghabiskan waktu dan bersenang-senang. Tapi mencari pengalaman dan ilmu berorganisasi.

Dalam organisasi mahasiswa dapat mempelajari tentang cara membangun emosional, rasa simpati, jiwa kepemimpinan, kepedulian terhadap lingkungan sosial, memperjuangkan hak rakyat dan banyak lagi yang dapan dibelajari didalamnya.

Sebagai mahasiswa tidak salah ketika dia menjadikan dirinya sebagai agent of change maupun Agent of control dan mahasiswapun harus mampu menjadikan dirinya sebagai agent of social lewat berorganisasi. Tapi kembali lagi kepada diri mahasiswa itu sendiri, ketika ia tidak memiliki kemauan dan tekad dalam merubah dirinya menjadi mahasiswa yang sesungguhnya seberapa banyaknya ia berorganisasi dia tak akan mampu merubah apapun.

Dompu NTB Organisasi

Related Post

Leave a reply