Sisi Lain Festival Tambora

502 views

Oleh: Nuril Qomaria

Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah STKIP Yapis Dompu

“Kebersihan merupakan bagian dari iman” kita sering mendengar kalimat yang memiliki estetika tinggi ini. Sejatinya  kebersihan adalah hal yang penting dan sangat diperlukan dalam kehidupan. Namun sayangnya,  realita yang terjadi berbanding terbalik dengan kalimat indah di atas. Contohkan saja pada festival Tambora yang berlangsung pada tanggal 11 April 2019 yang diadakan di Doro Ncanga.

foto: anak-anak sedang membakar sampah pasca festival tambora

Dalam temuan penulis, banyak sekali berserakan sampah organik maupun non organik yang benar-benar merusak pandangan dan keindahan pada salah satu objek pariwisata tersebut. Entah siapa yang harus disalahkan. Apakah masyarakat yang tidak memiliki kesadaran atas peringatan dari pihak penyelenggara festival atau pemerintah yang kurang memperhatikan kesadaran dari masyarakatnya atau malah fasilitas yang kurang. Atau mungkin juga kurangnya pemberdayaan fasilitas yang diberikan oleh pihak pihak penyelenggara. Tentu semua pihak tak ingin disalahkan dan semua pasti mencari pembenaran, baik itu pemerintah, masyarakat dan pihak penyelenggara.

Sebenarnya beberapa kali festival ini diadakan. Tapi setiap tahunnya masalah yang muncul sama, yaitu soal kebersihan pasca acara. Festival ini sangat menunjang dalam aspek pariwisata bukan hanya dalam wilayah lokal tapi ini berbicara dalam kelas Nasional bahkan bisa saja menembus kelas internasional. Dari aspek ekonomi, masyarakat pun mendapat keuntungan dari penjualan yang dilakukan disekitar festival tersebut.   Sebagai masyarakat akar rumput, penulis berharap kegiatan serupa tahun berikutnya bisa memperhatikan masalah kebersihan pasca acara.

Dompu festival tambora NTB sampah

Related Post

Leave a reply