Mengenal Sosok Fito

355 views

Anshari Nawawi, mahasiswa STKIP Yapis Dompu

Muhammad Fitrah (Fito)

Muhammad Fitrah, SH.MH yang lebih akrab disapa dengan panggilan Pak Fito, Ia dikenal sebagai Mantan Aktivis dan Dosen Muda yang Nyentrik di kampus STKIP YAPIS DOMPU. Ia  merupakan salah satu sosok dosen yang cukup disenangi oleh mahasiswanya. Kisah sepak terjang beliau di dunia pendidikan dan organisasi, patut dijadikan contoh bagi para mahasiswa, pemuda, calon guru ataupun calon dosen.

Sebagai Dosen, Pak Fito sangat disegani oleh rekan sesama dosen maupun masyarakat. Pak Fito dilahirkan di Sakuru, Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat tepatnya pada tanggal 9 Juni 1986 dengan nama asli Muhammad Fitrah yang merupakan anak ke Empat dari empat bersaudara. Ia menyelesaikan pendidikan sekolah dasarnya di SD INPRES SAKURU pada tahun 1998, kemudian melanjutkan pendidikan di SMP 1 MONTA dan lulus pada tahun 2001. Dalam melanjutkan pendidikan Sekolah Menengah Akhir, Ia menyelesaikanya di SMA 1 WOHA dan lulus pada tahun 2004.

Usai menyelesaikan Sekolah Menengah Atas, Dengan jiwa mandirinya Fito muda pada saat itu bercita-cita mengabdikan dirinya sebagai POLISI, hal tersebut didorong oleh rasa sosialisme yang tinggi pada dirinya sehingga beliaupun memutuskan untuk mengikuti tes kepolisian, namun pada kali pertama mengikuti tes kepolisian beliau mengalami kegagalan. Tidak berhenti disitu, pada kesempatan selanjutnya disaat mengetahui adanya informasi terkait rekrutmen kepolisian, fito muda kembali mencoba mengikuti seleksi tersebut untuk yang kedua kalinya, seiring waktu berjalan maka informasi kelulusan pun diumumkan namun tak terdaftar nama fito muda di list kelulusan seleksi tersebut. Tanpa patah semangat dengan jiwa muda yang menggebu, fito muda mencoba keberuntunganya yang ketiga kalinya untuk mengikuti seleksi kepolisian, dan hasilnya pun sama seperti sebelumnya.

Di samping kegagalanya yang ketiga kalinya mengikuti seleksi kepolisian selama dua tahun tersebut, ada rencana tuhan terhadap dirinya. Fito muda mencoba mengembangkan wawasan ilmunya dengan menduduki bangku perkuliahan pada tahun 2007 di STIH MUHAMMADIAH BIMA. selama menjadi mahasiswa, fito muda aktif didunia organisasi pergerakan dimana beliau menjadi kader di Ikatan Mahasiswa Muhammadiah (IMM) Cabang Bima. Beliau menyelesaikan kuliah S1 tersebut pada ( Bpk. Muhammad Fitrah, SH. MH ) BIOGRAFI MUHAMMAD FITRAH, SH. MH tahun 2011. Rasa cinta terhadap ilmu pengetahuan menuntun beliau melanjutkan kuliah ke jenjang S2 di tahun 2012 di Universitas Negeri Mataram (UNRAM) dan menyelesaikanya pada tahun 2015. Selama di UNRAM, beliau masih menggeluti dunia organisasi dimana beliau menjabat sebagai Instruktur bidang Sosial dan Masyarakat di IMM NTB dan menjadi Pembina Himpunan Mahasiswa Monta (HMM). Selesai mengenyam bangku perkuliah dan mendapat predikat gelar sebagai Sarjana Hukum dan Magister Hukum. Beliau melanjutkan profesi keilmuanya di Sekolah Tinggi Keguruan & Ilmu Pendidikan (STKIP) Dompu sebagai Dosen. Disamping bertugas menjadi dosen pengajar, beliau juga menjadi Pembina Lembaga Dakwah Kampus (LDK) STKIP dan Kumpulan Mahasiswa Pencinta Alam (KUMPA).

Dompu fito NTB profil inspirator

Related Post

Leave a reply