DOSEN STKIP YAPIS DOMPU SUKSES RAIH HAKI

457 views

Fathirma’ruf, M.Kom dosen Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi STKIP Yapis Dompu berhasil meraih Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). Ia merupakan dosen pertama yang meraih HAKI di lingkungan STKIP Yapis Dompu.

HAKI yang dikeluarkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia ini merupakan suatu perlindungan ciptaan oleh Negara dan Undang-Undang nomor 28 tahun 2014 di bidang Ilmu pengetahuan, seni dan sastra. Perlindungan ini bermaksud agar setiap warga negara diakui dan dilindungi hasil karya keilmuan dan pengetahuannya dari pengklaiman berdasarkan pasal 72 Undang-Undang tentang hak cipta.

Jenis Ciptaan (HAKI) Dosen muda ini ialah berupa Karya Tulis dengan judul “Sintaksis Model Pembelajaran Berbasis Analogi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa”. Berkat karyanya, dosen yang merupakan jebolan Universitas Islam Indonesia (UII) ini, mendapatkan sederetan pujian serta ucapan selamat dari rekan dosen dan pimpinan STKIP Yapis Dompu.

Pujian serta ucapan selamat dari banyak pihak lantas tidak membuat Ia berbangga diri. Ia justru selalu momotivasi rekan-rekannya untuk selalu melakukan penelitian dan pengabdian agar hasil karyanya dapat di HAKI kan. “Dengan adanya berbagai penelitian dan pengabdian yang dipublikasi dan mendapatkan HAKI justru akan membawa dampak yang baik bagi perguruan tinggi”, ungkap dosen Fathirma’ruf. Ditanya soal masa berlaku HAKI, Ia menjawab bahwa “HAKI ini berlaku seumur hidup, dan sampai 70 tahun setalah pemegang HAKI meninggal, itu sudah diatur dalam Undang-Undang”, tutupnya.

Dosen HAKI STKIP Yapis Dompu

Related Post

Leave a reply