Mahasiswa pelaksana hibah KKN-PPM lakukan Penelitian dengan guru pamong

568 views

Pusakapublik.com – Dompu, Salah satu indikator berkualitas tidaknya mutu pendidikan dapat dilihat berdasarkan kualitas guru. Secara umum, kualitas guru dan kompetensi guru di Indonesia masih belum sesuai dengan yang diharapkan ucap Dosen pembimbing lapangan Fathirma’ruf, M.Kom Ketika ditanya oleh tim pusakapublik.com.

kegiatan Kuliah kerja nyata (KKN) dan Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) oleh mahasiswa STKIP Yapis Dompu adalah Implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, Kegiatan ini berlokasi di Kecamatan Hu’u Kabupaten Dompu, dengan sasaran kegiatan yaitu pemberdayaan masyarakat pesisir pada bidang pendidikan, kesehatan dan Teknologi Informasi, Usulan kegiatan tersebut adalah upaya dalam meningkatkan sumberdaya manusia pesisir agar tercapainya kemajuan pada sektor pariwisata kabupaten Dompu. kegiatan KKN-PPM yang dimaksud akan dilaksanakan oleh mahasiswa semester 7 yang berjumlah 20 orang, didampingi oleh 1 orang dosen pembimbing lapangan (DPL). Jumlah mahasiswa tersebut tergabung dari berbagai prodi yang terdapat pada STKIP Yapis Dompu, antara lain Pendidikan bahasa dan sastra indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Guru Sekolah dasar, Pendidikan Jasmani kesehatan dan rekreasi, Pendidikan bahasa Inggris, serta Pendidikan Teknologi Informasi.

 

Salah satu luaran dari kegiatan kegiatan Kuliah kerja nyata (KKN) dan Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) ini adalah terselenggaranya kegiatan pengajaran yang berbasis pada keislaman, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil, prestasi dan motivasi belajar siswa sekolah dasar, dalam pelaksanaanya telah ditetapkan beberapa orang mahasiswa melaksanakan pengajaran secara bersamaan pada satu sekolah dengan didampingi oleh salah satu guru pamong dari sekolah tempat pelaksanaan kegiatan pengajaran tersebut.

Langkah awal yang dilakukan oleh mahasiswa bersama guru pamong yaitu melakukan identifikasi awal terkait dengan permasalahan yang dihadapi oleh siswa dalam memahami pelajaran, selanjutnya masalah tersebut didiskusikan untuk memperoleh solusi terkait dengan menigkatkan kemampuan, hasil, motivasi, dan prestasi belajar  siswa. Hasil penelitian tersebut akan diolah untuk dipublikasikan pada jurnal pendidikan ber-ISSN ungkap ketua kelompok KKN-PPM tahun 2019 Imansyah. PP.009

Hibah Kemenristekdikti KKN/PPM LLDIKTI STKIP Yapis Dompu

Related Post

Leave a reply