Mahasiswa pelaksana hibah ujicoba perangkat pembelajaran di mahasiswa prodi Pend. Sejarah STKIP Yapis Dompu

371 views

Penerapan perangkat pembelajaran pada mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah STKIP Yapis dompu.

Pusakapublik.com – Dompu, Perangkat pembelajaran yang dibuat oleh salah satu mahasiswa STKIP Yapis Dompu yang berbasiskan Video dokumenter (perang Sori Utu 1924) mulai di terapkan pada mahasiswa program studi pendidikan sejarah semester III matakuliah sejarah lokal sejak Jum’at 29 November. Dompu, 8/12

Perangkat tersebut diuji coba kelayakannya oleh sejarawan dan pelaku sejarah yang hidup pada masa peperangan tersebut dan dinyatakan layak sebagai tayangan yang mendidik dalam merekonstruksi kembali sejarah dalam bentuk video dokumenter yang merupakan perpaduan antara ilmu teknologi dan ilmu sejarah.

Pada awal penerapan mahasiswa diberi prittest atau tes awal berupa soal essay, dimana untuk menguji pengetahuan mengenai sejarah yang dimaksud, setelahnya mahasiswa diminta untuk menonton dan memperhatikan setiap pelajaran yang disampaikan oleh video tersebut dan terakhir mahasiswa dibeli kembali soal posttest atau tes akhir bertujuan untuk mengukur kemampuan mahasiswa dalam memahami setiap penyampaian dari video dokumenter tersebut. Selain mengukur kemampuan mahasiswa dalam menerima pelajaran melalui video, hasil tersebut juga dapat melihat efektif atau tidaknya perangkat tersebut dalam proses pembelajaran yang dilakukan didalam ruangan kelas.

Setelah penerapan dilakukan tinggal menunggu keputusan kampus STKIP Yapis dompu mengenai penggunaan perangkat pembelajara video dokumenter secara permanen pada salah satu materi matakuliah sejarah lokal pada semester III program studi pendidikan sejarah.

Related Post

Leave a reply