Dua Akademisi menginisiasi Penghijauan di Hutan Dam Pelaparado

67 views
Foto: Edi Suparjan (kanan) dan M. Nur Imansyah (kiri).

Gelisah melihat kondisi Hutan Kawasan Dam Pelaparado, dua orang akademisi ikut bergabung dengan Komunitas Putih Biru Angkatan 2000 SMPN 1 Monta dalam rangka Penghijauan. M. Nur Imansyah, M.Pd Ketua Prodi PTI STKIP Yapis Dompu bersama Edy Suparjan, M. Pd Dosen PGSD STKIP Taman Siswa Bima mengisi Tahun Baru dengan melakukan penanaman pohon Asam, Sengon, Kemiri, Trembesi dan Cemara di Kawasan Hutan Dam Pelaparado. Dalam kesempatan itu pula ikut berpartisipasi Pak Camat Monta beserta istri langsung membawa bibit pohon beringin dan langsung menanamnya.

Setelah melakukan penanaman diatas Hutan , Tim juga melakukan penanaman dibagian Hilir dan Hulu Dam Pelaparado, khusus di dalam kawasan Dam Pelaparado Tim menanam Pohon Trembesi dan Cemara.

Dalam kesempatan itu pula, Jaharuddin, ST selaku penjaga Dam Pelaparado ikut mengarahkan Tim agar proses penanaman tidak melewati areal yang dilarang yang dapat mengisap mata air.

Jaharuddin, ST penjaga Dam Pelaparado sangat berterima kasih atas kepedulian 2 akademisi muda tersebut. Harapannya, hal ini menjadi motivasi generasi agar selalu peduli terhadap lingkungan.

Sementara, M Nur Imansyah biasa di sapa Iman meminta kepada pihak pengelola Dam Pelaparado agar pohon yang ditanam bisa dijaga dengan baik sehingga dapat di nikmati oleh pengunjung dan kita semua. Edy Suparjan, M.Pd Dosen yang sekaligus Ketua BPD Desa Pela ini menyampaikan bahwa kegiatan tersebut adalah kewajiban setiap manusia agar menjaga keseimbangan dengan Alam. Selain itu, menurutnya penghijauan ini merupakan bagian dari Pendidikan Karakter untuk generasi serta bentuk edukasi lingkungan bagi masyarakat. Ia pula menegaskan, “masyarakat itu, ingin contoh bukan retorika, tegasnya.

Dompu hutan NTB

Related Post

Leave a reply