MENGENAL TRADISI ASRAFAL ANAM

366 views

Oleh: Era Wati

Mahasiswa STKIP Yapis Dompu

Tradisi Asrafal Anam adalah kegiatan melafaskan  teks yang berisi syair-syair al-qur’an. Kegiatan ini dilakukan pada acara sunatan dan pernikahan yang diadakan pada malam hari menjelang  hari pelaksanaan kegiatan. Dalam kegiatan sunatan, asrafal anam dilakukan pada malam hari yang biasa disebut dengan kegiatan compo sampari, sedangkan pada kegiatan pernikahan asrafal anam dilakukan pada malam hari yang biasa disebut dengan kapanca.

Tradisi asrafal anam ini merupakan kegiatan pujian atau shalawatan kepada Nabi Muhammad saw.Kegiatan ini dilakukan oleh kelompok ibu-ibu  Majelis ta’lim yang berada disetiap desa yang mengadakan acara sunatan  atau pernikahan.Tradisi ini sudah menjadi kebiasaan turun temurun yang dilakukan didaerah Dompu,salah satunya didesa Riwo,kec. woja,kab.Dompu

Kegiatan asrafal anam ketika dilakukan pada kegiatan sunatan bertujuan supaya  anak yang disunat mengikuti dan meneladani  sifat serta kepribadian Nabi Muhammad saw. Begitu pula asrafal anam ketika kegiatan pernikahan memiliki tujuan supaya kedua mempelai menjadi keluarga yang SAMAWA serta mendapatkan keturunan yang soleh dan mengikuti sunah rasul.

beberapa syair yang terkandung dalam teks  asrafal anam

ﻳﺎ ﻧﺒﻲ ﺳﻼﻡ ﻋﻠﻴﻚ ، ﻳﺎﺭﺳﻮﻝ ﺳﻼﻡ ﻋﻠﻴﻚ

(ya nabbi salam allaika,ya rasul salam alaika)
Wahai Nabi, salam sejahtera untukmu, Wahai Rosul salam sejahtera untukmu.

ﻳﺎﺣﺒﻴﺐ ﺳﻼﻡ ﻋﻠﻴﻚ ، ﺻﻠﻮﺍﺕ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻚ

(ya habibi salam allaika,salawatullaalaika)
Wahai kekasih, salam sejahtera untukmu dan Sholawat (rahmat) Allah untukmu. Uniknya, pemain tradisi asrafal ini tidak memungut biaya, karena sudah menjadi sumbangan tradisi yang dilakukan ketika ada kegiatan sunatan maupun pernikahan,tanpa memandang kaya miskinnya seseorang yang  mengadakan hajatan, ibu-ibu majelis Ta’lim melakukan asrafal anam dengan ikhlas.mereka hanya membawa pulang beberapa jajan tradisioal dan nasi ketan.

Asrafal Anam Dompu NTB STKIP Yapis Dompu Tradisi

Related Post

Leave a reply