SENI MUSIK TRADISIONAL LOKAL ALAT MUSIK BIOLA

1441 views

Oleh: Weni, Nur Hadijah, Sumndari, Nur Widiami, Siti Raodah

Mahasiswa STKIP YAPIS DOMPU

Sejarah masuknya seni musik tradisional biola yaitu Menurut catatan kuno, pada 5.000 tahun yang lampau, cikal bakal Biola berasal dari  bangsa Aria di India. Raja Ravana dari negara Sri Langka telah mencipta alat musik yang menggunakan senar-busur, yakni Ravanastron. Kemudian, pada awal abad ke 1, Ravanastron menyebar ke Afghanistan dan Persia. Dalam sejarah tercatat bahwa alat musik gesek Biola pertama kali diperkenalkan di Itali, kota Turin pada tahun 1523. Bentuk biola tersebut dipajang dalam bentuk patung atau skulptur “malaikat kecil bermain biola” di sebuah gereja di Vercelli. Biola pertama itu terdiri dari 3 senar. Sejak tahun 1540 biola mempunyai 4 senar dengan bentuk yang tidak terlalu berbeda dengan biola sekarang. Jenis biola tersebut berasal dari daerah Itali bagian utara. Oleh karena itu pembuat biola yang terkenal adalah dari Itali, seperti  Andrea Amati, Nicola Amati, Gasparo da Salò, Guarnerius del Gesu, Antonio Stradivari.

Dalam memainkan musik biola membutuhkan sekitar 3 orang, 1 orang yang memainkan musik biola dan 2 orangnya sebagian penyanyi. Dalam permainan musik tentu ada perbedaan antara seni musik tradisional Bima Dompu dengan daerah yang lainnya, karena permainan musik biola yang dimainkan oleh orang Bima Dompu 99 % hanya menggunakan alat musik biola dan penyanyinya saja sedangkan kalau di luar daerah rata-rata menggabungkan antara permainan musik biola dengan alat-alat musik lainnya. Salah satunya adalah menggabungkan antara permainan musik biola dengan alat musik gendang dan lain-lain. Permainan musik ini tentu memiliki makna tersendiri, tergantung jenis melodi yang dimainkan oleh pemain musik biola itu sendiri.

Di daerah Bima Dompu dari kalangan masyarakat tentu permainan musik biola hampir punah, karena kurangnya regenerasi yang ahli dalam memainkan permainan musik biola, akan tetapi permainan musik biola sudah dikenalkan ke daerah luar. Langkah-langkah yang dilakukan untuk memperkenalkan permainan kekanca nasional yaitu mengadakan festival pentas karya “seni dan budaya” agar permainan musik biola terkenal sesuai yang diharapkan oleh setiap pihak penyelenggara kegiatan itu sendiri.

BIOLA Dompu NTB SENI MUSIK TRADISIONAL

Related Post

Leave a reply