Bagaimana Seharusnya Pembelajaran Bahasa Inggris di PAUD

721 views

Penulis: Arif Bulan, M.Pd.

Dosen Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Yapis Dompu.

Ada dua pertanyaan besar yang memacu motivasi penulis untuk memublikasikan tulisan ini. Pertama pertanyaan tentang, apa pentingnya di satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) belajar bahasa Inggris, dan kedua, bahasa Inggris seperti apa yang seharusnya dipelajari anak usia dini pada jengang PAUD.

Kita telah mengetahui bahasa Inggris adalah bahasa Internasional yang penggunanya sangat banyak daripada bahasa lain yang ada di dunia ini, sehingga bahasa ini dinobatkan sebagai bahasa pergaulan dunia. Efek dari bahasa pergaulan dunia inilah, bahasa Inggris masuk dan merambah ke dalam dunia pendidikan kita, dan bahkan kurikulum pendidikan di seluruh dunia pun memasukan bahasa Inggris sebagai salah satu mata pelajarannya.

Lantas bagaimana dengan Indonesia, apakah kurikulum di Indonesia mengakomodasi pelajaran bahasa Inggris pada semua jenjang? Jawabannya Iya, bahasa Inggris telah dipatenkan dalam kurikulum Nasional kita, bahkan mulai PAUD hingga Perguruan Tinggi ada pelajaran bahasa Inggris.

Pertanyaan pertama yang harus dijawab dalam tulisan ini adalah apa pentingnya di satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) belajar bahasa Inggris? Dalam teori perkembangan otak, usia pada jenjang anak usia dini masuk kriteria usia emas (golden age). Anak pada usia ini respon belajarnya cepat, rasa ingin tahunnya tinggi, dan kekuatan ingatan atau hafalannya tinggi. Berbicara hafalan, bahasa Inggris pun masuk salah satu kriteria hafalan, karena bahasa Inggris bagi Indoensia adalah sebagai bahasa asing.

Oleh karena bahasa Inggris adalah bahasa asing, maka konsep belajarnya ada dua yaitu konsep belajar kognitif (otak) dan konsep belajar keterampilan (skill). Khusus anak usia dini, kita belum boleh belajar skill berbahasa Inggris, kita hanya boleh belajar pengetahuan dasar tentang bahasa Inggris yang ada kaitan dengan hafalan (kognitif). Pengetahuan dasar mengenai bahasa Inggris yang perlu dipelajari oleh anak usia dini akan dibahas dalam pertanyaan kedua mengenai bahasa Inggris seperti apa yang seharusnya dipelajari anak usia dini pada jengang PAUD.

Materi bahasa Inggris yang perlu dipelajari oleh anak usia dini adalah materi yang memiliki karakteristik yang sesuai dengan perkembangan mereka. Misalnya, materi tentang abjad, nomor, anggota keluarga, nama hari, nama bulan, anggota tubuh, tanaman, warna, nama hewan dan nama benda yang ada di sekeliling mereka.

Konsep penyampaian materi harus sesuai dengan ketentuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yaitu dengan cara bernyanyi dan belajar langsung dengan objek. Guru PAUD harus mampu menyanyikan lagu yang sesuai dengan tema atau materi. Misal materi abjad, guru harus mampu bernyanyi A,B,C,D,E,F, dst dengan menggunakan bahasa Inggris.

Dengan bernyanyi, anak usia dini akan merasa bahwa mereka tidak sedang belajar bahasa Inggris, tapi sedang manyanyi. Sedangkan belajar langsung dengan objek yaitu dengan melibatkan anak-anak untuk bersentuhan langsung dengan benda yang akan dihafalkan, contohnya warna. Guru bisa mengajak anak-anak untuk mengamati dan melihat langsung warna-warna bunga. Sehingga anak bisa menghafal atau mengingat, sebagai contoh warna bunga yang hijau (green), kuning (yellow), merah (red) dan warna lain yang ada di taman sekolah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa belajar bahasa Inggris penting bagi anak usia dini agar mereka memiliki dasar hafalan kosa kata yang sesuai dengan karakteristik dan lingkungan yang ada.

Dengan bernyanyi, anak usia dini akan merasa bahwa mereka tidak sedang belajar bahasa Inggris, tapi sedang manyanyi. Sedangkan belajar langsung dengan objek yaitu dengan melibatkan anak-anak untuk bersentuhan langsung dengan benda yang akan dihafalkan, contohnya warna. Guru bisa mengajak anak-anak untuk mengamati dan melihat langsung warna-warna bunga. Sehingga anak bisa menghafal atau mengingat, sebagai contoh warna bunga yang hijau (green), kuning (yellow), merah (red) dan warna lain yang ada di taman sekolah.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa belajar bahasa Inggris penting bagi anak usia dini agar mereka memiliki dasar hafalan kosa kata yang sesuai dengan karakteristik dan lingkungan yang ada.


bahasa Inggris Dompu NTB PAUD

Related Post

Leave a reply