MENGENAL SENI MUSIK TRADISIONAL BIMA-DOMPU: SERE & MAKAH

518 views

Oleh: Intan Wulandari Akbar, Fitri Nun Purnama Sari, Muji Burrahman Putra, Mega Bela  Safitri

   Mahasiswa STKIP Yapis Dompu

Kamis, 23 Januari 2019, Mahasiswa S1 PGSD melakukan menelusuran mengenai beberapa seni musik tradisional daerah Dompu dan Bima yang masih ada dan bertahan pada masyarakat, salah satunya adalah seni musik sere dan makah yang adadi Desa Ranggo Kacematan Pajo Kabupaten Dompu.

Sere diartikan sebagai ancang-ancang dan makah diartikan sebagai pertarungan, jika digabungan maka sere dan makah berarti suatu ancang-ancang dilakukan sebelum melakukan petarungan, Konon ceritanya pada masa kerajaan sere dan makah adalah sebuah pelaksanaan upacara adat penyambutan raja ada masa itu dan diiringi dengan musik gendang besar serta pemain menggunakan baju adat atau pakaian tradisional kerajaan.

Menurut Pak Muhtar (pemain serta pemilik dari alat sere dan makah), “Dalam permainan sere, pemainnya menggunakan tombak dan kris, dalam pertunjukannya, permainan ini sering kali melakukan lompat dan lari, jadi dari permainan tradisional sere ini maknanya sedang melindungi Kerajaan Bima dari serangan musuh” permainan ini dilakukan oleh 4 orang pemain, 1 orang sebagai pemain sere, 2 orang sebagai pemukul gendang dan 1 orang sebagai peniup silu. Menurut pernyataan narasumber yang dapat dipercaya (Pak Muhtar) bahwa beliau pernah membawa atau mengenalkan permainan sere dan makah ini di Taman Mini Indonesia dan daerah lainnya.

Alat-alat yang digunakan dalam upacara penyambutan tersebut antara lain: Buja kadanda (tombak yang berjumba), tameng dan kris tradisonal. Yang berperan penting dalam upacara penyambutan ini merupakan pelaku yang memainkan alat berdasarkan informasi yang didapatkan, dalam upacara yang dilakukan masih terkandung nilai mistis, dimana jika upacara dimulai tidak ada yang boleh melewati atau menyebrangi pada saat prosesi berlangsung karena akan ada kejadian yang tidak dinginkan. Permainan sere dan makah ini masih dilakukan atau dilestarikan sampai dengan sekarang hampir di setiap pelosok wilayah atau daerah, akan tetapi permainan ini hanya dimainkan pada pada saat acara-acara khusus saja, karena permaianan  ini adalah permainan yang sakral di lakukan dan yang melakukan permainan ini pun dilakukan oleh  orang-orang yang ahli atau profesional,musik atau  pemainan ini biasanya untuk menyambut orang-orang yang penting atau raja- raja. Alasanya permainan sere dan makah ini sangat penting, karena hanya digunakan pada acara penyambutan raja-raja atau orang-orang penting yang datang di wilayah atau daerah saja, disamping itu permainan sere dan makah ini dapat menghidupkan acara atau menghibur para tamu undangan yang datang di acara tersebut.

makah MUSIK TRADISIONAL sere

Related Post

Leave a reply