SENI MUSIK TRADISIONAL BIMA-DOMPU: MUSIK GANTAO

844 views

Oleh: Yanna, Nurdinah, dan Eka wahyuningsih

MAHASISWA STKIP YAPIS DOMPU

Rabu, Tgl 13-15 November Tahun 2019 mahasiswa S1 PGSD melakukan penelusuran mengenai beberapa seni musik tradisional daerah Dompu dan Bima yang masih ada dan bertahan pada masyarakat, salah satunya adalah seni musik permainan musik gantao yang adadi Dusun Maulana, desa Sorisakolo, Kabupaten Dompu.

      Sejarah mpa’a gantao sudah ada sejak jaman Kesultanan Bima. Mpa’a gantao adalah salah satu permainan tarian rakyat dan adu ketangkasan bela diri dengan menggunakan tangan kosong. Mpa’a gantao diperkirakan hadir di Bima akibat kontak budaya dengan makassar, atraksi kesenian ini ada sejak masa pemerintahan Sultan Abdul Khair Sirajudin (1648-1685). Permainan  kesenian ini cukup popular bagi masyarakat Bima, hingga saat ini masih tetap eksis dan dipertunjukan diberbagai acara dalam hajatan baik dalam hajatan pemerintah daerah maupun masyarakat. Biasanya gantao dipertunjukan pada acara hajatan pernikahan maupun sunatan serta pada acara-acara seperti hari jadi Daerah atau Kabupaten dan Kota.

     “Menurut Bapak. A.Haris”  Mpaa gantao adalah permainan rakyat yang diadakan pada saat acara tertentu atau pada acara besar seperti acara pernikahan, sunatan, dll. Dengan adanya pengiringan musik atau mpaa gantao yaitu untuk menghibur para tamu yang hadir di suatu acara tersebut, pengiringan mpaa gantao untuk menghidupkan acara dalam arti memeriahkan acara agar para tamu yang hadir di acara pernikahan atau sunatan tersebut merasa terhibur.

       Alat-alat yang digunakan dalam permainan musik gantao yaitu Gendang Na’e (Gendang Besar), Gendang To’i (Gendang Kecil) dan Silu yang terbuat dari daun lontar, gong, dan tawa-tawa. Mpa’a Gantao diawali penaburan gendang bertalu-talu, diikuti oleh Gong, Serunai dan Tawa-Tawa. Biasanya permainan musik gantao ini sering dijumpai dalam acara hajatan pernikahan, sunatan dan lain sebagainya. Permainan ini dimainkan oleh 6 orang, 4 orang sebagai pemain musik dan 2 orang sebagai penari atau pesilat.

       Permainan musik gantao ini masih dilestarikan sampai sekarang bahkan hampir di setiap pelosok daerah Bima Dompu masih dimainkan. Alasanya permainan musik gantao ini sangat penting dipakai saat acara sunatan karena adanya permainan musik gantao ini dapat menghidupkan acara atau menghibur para tamu undangan.                  Makna dari permainan gantao adalah mengadu ketangkasan dalam mempertahankan daerah masing-masing.Permainan musik gantao ini cukup populer di daerah Bima Dompu khususnya di kerajaan kesultanan bima di lakukan pertunjukan dalam kegiatan atau acara festival, hari jadi daerah dan juga di acara hajatan-hajatan lainya karena dengan  cara ini permainan musik gantao dapat di kenal dan populer kekanca nasional yang dimana permainan musik gantao ini dapat mengenalkan bagaiman budaya masyarakat Bima-Dompu yang sangat unik sehingga masyarakat daerah lain tertarik dan ingin terus menikmati permainan musik gantao.


Dompu GANTAO MUSIK TRADISIONAL NTB

Related Post

Leave a reply