SENI MUSIK TRADISIONAL LOKAL: MANCA BALEBA

583 views

Oleh: Antin wulandari akbar, Faridah, Diahnah,  Nurwahidah

mahasiswa STKIP YAPIS DOMPU

Manca baleba merupakan bentuk permainan daerah Kabupaten Dompu yang disebut seni bela diri, manca berasal dari kata benca berbahasa melayu berubah menjadi manca sedangkan baleba adalah lego atau gerak yang berbentuk jurus-jurus. Bapak Muhtar M.Ali (Dusun sigi 2 Desa Ranggo) adalah salah seorang yang mendirikan tempat sanggar di mana tempat tersebut melatih para pemain manca baleba. Menurut Bapak Muhtar M.Ali Permainan ini muncul pada tahun 1993, Ia adalah induk dari permainan manca buja kadanda, manca kapodo, manca pedang, manca sampari, manca lepi wei, sere dan maka.

Adapun alat musik dalam manca baleba yaitu satu set gendang besar dan serunai/silu dan juga memiliki alat permainan satu set tombak terbuat dari bambu, tameng sebagai penangkis, dan keris. Dalam permainan manca baleba, permainan ini dilakukan oleh 2 laki-laki dengan laki-laki.

Seni musik tradisional lokal Bima Dompu memiliki sisi perbedaan dengan daerah lain yaitu dari segi permainan, musik, tari dan baju yang digunakan. Menurut kami seni musik tradisoanal lokal tidak punah karena disini ada banyak sanggar yang berdiri untuk melestarikan seni musik tradisional local seperti sanggar bapak muhtar yang berada di Desa Ranggo.

Menurut cerita dari yang diketahui oleh Bapak Muhtar Manca Baleba semata-mata untuk membentengi diri kita msing-masing dari berbagai ancaman baik itu ancaman dari manusia maupun hewan. Makna manca baleba adalah pertarungan mempertahankan diri dari musuh dengan jurus-jurus. Permainan Manca Baleba ini sudah di kenalkan ke daerah lain dengan menampilkan permainan tersebut dalam sebuah acara acara, dalam mengenalkan permainan ini ke kanca nasional yaitu dengan mengikuti setiap lomba-lomba yang di adakan oleh tiap-tiap kota. Dengan begitu lebih banyak lagi orang yang mengetahui tentang Manca Baleba.

MUSIK TRADISIONAL

Related Post

Leave a reply