STKIP Yapis Dompu Bakal Menggelar Tes TOEFL ITP Perdana

671 views

Dompu, Pusakapublik– Pusat Pengembangan Bahasa (P2B) STKIP Yapis Dompu  dalam waktu dekat akan menyelenggarakan Test of English as a Foreign Language atau biasa dikenal dengan sebutan tes TOEFL . Tes TOEFL ini digadang-gadang sebagai tes perdana di Bima dan Dompu. Pasalnya, berdasarkan pantauan tim Pusaka Publik belum ada kampus di Bima dan Dompu yang telah menyelanggarakan.

“InsyaAllah kampus kami akan mulai tes TOEFL Perdana ini”, ungkap Ketua STKIP Yapis Dompu, Enung Nurhasanah, M.SI. Untuk tahap awal, kampus kami bekerjasama dulu dengan Pusat Bahasa Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) dalam penyelenggaraannya, sembari menunggu pengajuan permohonan penyelenggaraan resmi TOEFL ITP di Lembaga Internasional, Educational Testing Service (ETS) yang berpusat di Princenton, New Jersey, Amerika Serikat.

Ia menambahkan, kebutuhan akan tes TOEFL semakin meningkat. Misalnya saja, imbuh Alumni Universitas Islam Indonesia ini, Pembukaan Beasiswa NTB, Beasiswa LPDP, Beasiswa Brunei, Polandia dan lain-lain itu membutuhkan sertifikat TOEFL loh. Jadi, Lanjut Ibu tiga orang anak ini, kami mengadakan ini semata-mata untuk memfasilitasi atau memudahkan masyarakat Bima-Dompu untuk tes TOEFL di tempat yang dekat, karena selama ini untuk tes saja masyarakat Bima-Dompu harus ke Mataram bahkan ke Jawa.

Saat ditanya oleh tim pusaka publik mengenai tes TOEFL Prediction yang akan diselenggarakan pada hari Sabtu 15 Februari 2020 di Kampus STKIP Yapis Dompu, Ia membenarkan. “Iya, memang ada tes TOEFL Prediction untuk tanggal segitu, tes itu inisitaif dari P2B STKIP Yapis Dompu. Ia melanjutkan, tujuan kami mengadakan tes TOEFL Prediction ini tidak lain dan tidak bukan karena kebutuhan Masyarakat Bima-Dompu yang ingin kuliah ke luar negeri dengan beasiswa NTB. Syarat buat lamar beasiswa NTB untuk kuliah ke luar negeri kan bisa pakai sertifikat TOEFL Prediction”, tutupnya.

Dompu NTB STKIP Yapis Dompu toefl

Related Post

Leave a reply