Viral! Lulusan Termuda, Dr. Ryzal Perdana, Beri Sambutan sebagai Wakil Wisudawan

378 views
Dr. Ryzal Perdana. Lulusan Doktor Termuda UNS.

Siapa yang menyangka, Universitas Sebelas Maret atau terkenal dengan sebutan UNS meluluskan mahasiswa Program Doktor termuda. Ia adalah Dr. Ryzal Perdana. Pria kelahiran Lampung 27 tahun silam ini tidak pernah berhenti menuntut ilmu, hingga campai puncaknya Ia mampu meraih titel Doktor di Usia yang sangat muda.

Berikut sambutannya mewakili Wisudawan-Wisudawati dalam acara wisuda hari Sabtu, 29 Fenruari 2020.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat Pagi dan Salam Sejahtera Bagi Kita Semua

Yang Terhormat,

Rektor Universitas Sebelas Maret bersama seluruh Wakil Rektor

Ketua Senat dan Para Anggota Senat beserta seluruh Guru Besar Universitas Sebelas Maret.

Yang Kami Hormati,

Para Dekan, wakil Dekan, Ketua Lembaga Universitas dan Fakultas, Para Dosen dan Tenaga Kependidikan di lingkungan Universitas Sebelas Maret.

Yang Kami Cintai dan Banggakan,

Para Wisudawan-Wisudawati beserta Bapak-Ibu Orangtua/Wali

Serta seluruh tamu undangan yang berbahagia.

Puji syukur selayaknya kita panjatkan kepada Allah SWT karena atas kehendak-Nya lah kita semua dapat berkumpul bersama di dalam gedung Auditorium ini dalam suasana damai dan sangat berbahagia untuk mengikuti acara Wisuda Periode I Tahun 2020 Universitas Sebelas Maret Program Diploma,  Sarjana, PPDS, Magister, dan Doktor.

Hadirin tamu undangan yang saya hormati dan rekan-rekan Wisudawan yang berbahagia.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, tanpa mengurangi rasa hormat, izinkanlah saya Ryzal Perdana dari Program Doktor Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Saya ucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk mewakili rekan-rekan wisudawan/wisudawati dalam menyampaikan kata-kata perpisahan pada acara wisuda ini. Sungguh suatu kehormatan dapat berdiri di hadapan rekan-rekan wisudawan yang saya banggakan.

Untuk membuka kata perpisahan ini, izinkan saya mewakili para wisudawan/wisudawati mengucapkan terimakasih sebesar-sebesarnya dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Rektor UNS, Wakil Rektor, Dekan, Ketua Program Studi, Dosen, serta semua civitas akademik UNS, atas segala ilmu pengetahuan serta berbagai pembelajaran yang luar biasa telah kami dapatkan di kampus tercinta ini.

Terimakasih pula kami ucapkan kepada bapak ibu, papa mama, abi umi dan segenap keluarga besar atas doa disetiap waktu dan sujudnya disetiap malam, atas pengorbanan baik berupa tenaga, pikiran, dan materi yang entah sudah tidak dapat lagi kami hitung jumlahnya, walaupun kami sadar bahwa ucapan terimakasih tidak akan sanggup untuk menggantikan semua yang telah mereka berikan, termasuk hari berbahagia ini yang kami berikan untuk mereka, orang tua terbaik sepanjang masa.

Rekan-rekan Wisudawan yang berbahagia.

Kita semua pasti sadar bahwa Kampus kita tercinta ini bukanlah kampus biasa, saya pun mencoba mendalaminya, menelaah dari berbagai sisi seperti perkuliahan, persahabatan, organisasi, karier hingga jodoh, dan ternyata kampus ini memang menyimpan misteri tersendiri.

Siapa yang tahu teman seperantauan di kampus, suatu saat akan menjelma menjadi pemimpin besar di negeri ini, siapa yang tahu soal seperti apa yang akan keluar saat ujian Kebijakan Iklim besok hari, siapa yang tahu teman yang paling kita tidak kita sukai di kampus ini akan menjadi sahabat terbaik di perjuangan kelak. Hal ini saya sampakan terkait dengan era revolusi industry 4.0 menuju society 5.0, dengan kemajuan teknologi yang saat ini hampir setiap detik ada sebuah perubahan.

Teman-teman seperjuanganku generasi milenial, teknologi telah mengubah pola hidup kita, bila para pendahulu kita sangat bergantung pada alam, kini banyak hal bisa kita lakukan hanya dengan suatu alat saja, oleh karena itu kita sebagai alumni UNS kampus kita tercinta ini harus dapat mengikuti perkembangan zaman yang serba cepat dan tanpa batasan ini. Tidak hanya perkembangan teknologi yang tentunya mengubah pola hidup kita, namun kita juga harus mengubah cara berpikir kita yang harus selalu dikenalkan dan dibiasakan adalah cara berpikir untuk beradaptasi di masa depan, yaitu analitis, kritis, dan kreatif. Cara berpikir itulah yang disebut cara berpikir tingkat tinggi (HOTS: Higher Order Thinking Skills). Berpikir ala HOTS bukanlah berpikir biasa-biasa saja, tapi berpikir secara kompleks, berjenjang, dan sistematis.

Perjalanan menjadi seorang mahasiswa memang telah menjadi momen yang berharga, disaat inilah sebagian besar dari kita akan menentukan identitas dan karakter apa yang akan kita bawa sebagai dasar untuk melanjutkan kehidupan sebenarnya pasca lulus nanti. Jika kehidupan ini ibarat perlombaan lari maraton, saya dapat katakan garis start nya adalah saat menjalani kehidupan sebagai mahasiswa dan garis finish-nya adalah kematian yang tidak pernah kita tahu kapan waktu menjemputnya. Mencoba untuk kembali mengingat kenangan beberapa tahun lalu, sungguh tidak terasa bahwa sang waktu telah berlalu begitu cepat, dengan latar belakang kita masing-masing, tentu kita akan teringat tentang bagaimana perjuangan luar biasa yang telah kita lakukan untuk dapat merasakan pendidikan di Kampus tercinta ini, kemudian sungguh telah menjadi kuasa Tuhan yang luar biasa telah mempertemukan kita bersama di gedung ini.

Kita memulainya bersama dari keadaan yang sama, tidak berbicara tentang banyaknya perbedaaan, tapi berbicara tentang kesamaan kita sebagai satu keluarga yang mempunyai mimpi-mimpi besar untuk bangsa ini kedepannya. Pendidikan secara konstitutional adalah tanggung jawab negara, namun secara moral pendidikan adalah tanggung jawab pelaku pendidikan itu sendiri, oleh karena itu kita harus terus meningkatkan kualitas diri agar dapat bersaing dikancah nasional maupun global, karena UNS tidak akan menarik kembali kita untuk menjadi mahasiswa dan ijazah kita ketika kita gagal bersaing di dunia luar, oleh karena hal itu besar tanggung jawab kita sebagai alumni utuk dapat menjaga nama baik dan mengharumkan nama almamater kita tercinta selepas dari hari ini

Anugerah terbesar yang selalu saya syukuri hingga hari di masa akhir saya menjalani kehidupan sebagai mahasiswa di Kampus tercinta ini adalah dapat bertemu dan belajar bersama mereka yang berjuang untuk tidak hanya menjadi baik, tapi juga menjadi hebat, bersama keluarga terbaik dan di tempat terbaik di Kampus Pancasila ini.

Karena kampus ini Kampus UNS tercinta ini, tempat bertanya dan tempat menemukan jawabnya. Kampus ini adalah tempat menembus batas, untuk mencoba memperbaiki realitas. Kampus yang diisi oleh para pemimpi, yang mencoba untuk memberi inspirasi. Kampus yang tidak hanya tempat untuk berkarya, tapi tempat untuk saling merangkai titik temu untuk menghasilkan insan berkarya untuk Indonesia. Seperti kata pepatah tidak perduli dari mana kamu berasal, yang terpenting kemana anda akan melangkah, dan anda hari ini telah melangkah melalui kampus tercinta kita ini untuk menuju sebuah jalan kesuksesan baik dunia maupun akhirat.

Pada kesempatan ini juga izinkan kami meminta maaf dari lubuk hati terdalam, atas perilaku dan tutur kata kami yang kurang berkenan kepada Bapak/Ibu dosen, pengelola universitas, fakultas, serta seluruh civitas akademika Universitas Sebelas Maret serta izinkan kami meminta doa restu untuk perjalanan kami selanjutnya.

Akhir kata mewakili seluruh wisudawan/wisudawati pada hari yang berbahagia ini

Demikian yang dapat saya sampaikan, terimakasih atas perhatian yang diberikan dan mohon maaf atas segala kekurangan.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Salam Sejahtera untuk kita semua.

Dompu lulusan termuda NTB UNS

Related Post

Leave a reply