Hore! BLT Banpres UMKM Kembali Dibuka, Begini Cara Daftar Agar Dapat BPUM Rp 2,4 Juta

38 views

BERITA DIY – Pemerintah kembali memberikan bantuan BLT atau banpres untuk pelaku UMKM. Bantuan yang juga disebut BPUM tahap 2 ini diberikan kepada 3 juta calon penerima.

Masing-masing penerima akan mendapatkan Rp 2,4 juta secara cuma-cuma untuk meningkatkan usahanya agar bangkit di masa pandemi covid-19 ini.

Pelaku UMKM yang tidak mempunyai rekening bank juga masih bisa mendapatkan bantuan ini meskipun pencairaannya dilakukan melalui bank penyalur.

Cara, syarat, dan dokumen yang dibutuhkan untuk dapat bantuan ini sudah dijelaskan pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM DI laman resminya, depkop.go.id.

Pendaftaran bantuan ini dibuka hingga akhir November 2020 secara langsung di kantor lembaga pengusul yang telah ditunjuk pemerintah, yaitu:1. Dinas yang yang membidangi Koperasi dan UKM2. Koperasi yang telah disahkan sebagai Badan Hukum3. Kementerian/Lembaga

Pendaftaran bantuan ini dibuka hingga akhir November 2020 secara langsung di kantor lembaga pengusul yang telah ditunjuk pemerintah, yaitu:

1. Dinas yang yang membidangi Koperasi dan UKM

2. Koperasi yang telah disahkan sebagai Badan Hukum

3. Kementerian/Lembaga

Perbankan dan perusahaan pembayaran yang tercatat di OJK.

Persyaratan pelaku UMKM yang berhak dapat BLT ini adalah WNI yang mempunyai usaha mikro, bukan ASN, TNI, POLRI, dan pegawai BUMN / BUMD, serta tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari bank (KUR) karena BPUM ini hanya untuk pelaku UMKM yang belum pernah mendapatkan atau menerima bantuan peminjaman atau sejenisnya dari pihak perbankan (unbankable).

Sedangkan pelaku UMKM yang lokasi usahanya berbeda dengan alamat domisili di KTP masih berhak dapat membantu ini dengan cara mendaftar dan meleset dari Surat Keterangan Usaha (SKU).

Kemudian pelaku UMKM yang ingin mendaftar perlu menyiapkan data seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama lengkap, alamat tempat tinggal sesuai KTP, bidang usaha, dan nomor telepon.

Pelaku UMKM yang memenuhi syarat dan berhak dapat banpres UMKM ini akan diberi tahu melalui SMS notifikasi dari bank penyalur.

Kemudian perlu melakukan konfirmasi atau cek langsung secara online. Misalnya cek di bank penyalur BRI melalui link eform.bri.co.id/bpum.

Setelah itu penerima bantuan UMKM ini bisa mendatangi kantor bank penyalur terdekat untuk mencairkan bantuan BPUM Rp 2,4 juta ini. ***

Related Post

Leave a reply