Utamakan Skill Perkebunan, PT SMS Dan SMK 1 Pekat Menyepakatinya

48 views


Dompu, PT. Sukses Mantap Sejahtera (SMS) kedatangan rombongan SMK Negeri 1 Pekat Dalam Meningkatkan Skill perkebunan Dan disambut Tim MER Dept Head PT SMS, Muhammad Haryanto, R&D Section Head Ngatman dan HRGA Section Head Rizkal Dwi Ramadhan. 27/20.

Tujuan kedatangan rombongan untuk menjalin kerjasama pelaksanaan kelas industri, Teaching Factory, penyelarasan kurikulum SMK dan Industri Dunia Kerja (Induka).

Dalam Tinjauan Kami pusakaPublik Kepala SMK Negeri 1 Pekat Adiul Akbar, S.Pt sementara ini mengutus dua orang guru untuk mengikuti training Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP) untuk komoditi Tebu. Waktu training selama 10 hari.

“Kita utus dua guru dulu untuk mengikuti training ini selama 10 hari. Setelah ini, baru kita utus para siswa bergiliran untuk ikut training 6 bulan sampai 1 tahun,” ujar Adiul Akbar.

Muhammad Haryanto berharap, kerjasama dengan SMK akan berdampak penguatan edukasi tentang pengembangan komoditi Tebu bagi para siswa.

Para guru dan siswa SMK Negeri 1 Pekat juga diharapkan jadi duta PT SMS untuk menjelaskan dampak sosial, ekonomi, khususnya bagi sektor pendidikan bagi masyarakat. “Tentusaja dengan hasil positif yang kita perlihatkan sejauh ini,” kata Muhammad Haryanto.  

Ngatman selaku trainer menjelaskan, ada beberapa kegiatan yang akan diikuti dua utusan guru tersebut, baik di lapangan maupun in-house training.  

Beberapa pengenalan teori dan praktik lapangan di kebun Tebu diantaranya Land Development, berupa kegiatan Land clearing dan pembuatan jalan.  Selanjutnya Land Preparation, berupa kegiatan bajak, harrow dan furrow .

Setelah tahap persiapan lahan, masuk fase tanam atau Planting, terdiri dari dua kegiatan, yakni tanam  manual dan mekanisasi. Kegiatan lanjutan maintenance  atau perawatan, terdiri dari kegiatan mekanisasi dan manual.

“Setelah itu masuk ke tahap panen atau harvesting,” tutupnya.  (Ardin)

PT SMS Skill perkebunan SMK 1 Pekat

Related Post

Leave a reply