SEKDA H. MUHIBUDDIN MEWAKILI BUPATI DOMPU, HADIRI KUNKER MENTERI DESA, PDT DAN TRANSMIGRASI RI

64 views

Pusakapublik.Com, Dompu – Menteri Desa Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, Dr (HC) Drs. H. Abdul Halim Iskandar, M.Pd dan rombongan, Jum’at (06/11/2020) melaksanakan kegiatan kunjungan kerja.

Kunjungan kerja dimaksdu dilaksanakan dalam rangka Pencanangan dan Penanaman Perdana Program Agro Solution Komoditi Pertanian khususnya Komoditi Jagung di Dusun Tekasire Desa Tekasire Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu.

Kunjungan kerja tersebut dihadiri Menteri Desa, Pembanguna Desa Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, Dr (HC) Drs. H. Abdul Halim Iskandar, M.Pd, Istri Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi RI, Dra. Lilik Umi Nasriyah, Wakil Direktur Utama Pupuk Indonesia Bapak Nugroho Cristijanto, Kepala Balitfo Pupuk Kaltim, Eko Sri Haryanto, Sevp Komersil Pupuk Kaltim, Meizar Efendi, Dirjen Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Lutfi Latif, Asisten Ekonomi Provinsi NTB, Ir. Ridwansyah, M.Si. M.Sc, Pimpinan Asuransi Jasindo, Aditia dan Pimpinan PT. Bank BNI Wilayah Bima dan Dompu.

Selain pejabat di atas, juga hadir Wakil Bupati Dompu, Arifudin, SH, Ketua DPRD, Andi Bachtiar, A.Md. Par, Sekda Dompu, Drs. H. Muhibuddin, M.Si, Kapolres Dompu, AKBP Syarif Hidayat, S.H.S.IK, Dandim 1614 Dompu, Letkol Ali Cahyono, S.Kom, Pimpinan OPD Se Kabupaten Dompu, Kabag Lingkup Setda Dompu, Camat Manggelewa, Drs. Ismail dan Kepala Desa Tekasire.

Adapun rangkaian kegiatan Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Republik Indonesia dan rombongan tersebut, sekitar pukul 16.04 Wita, Menteri Desa, Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi bersama rombongan dan Forkopimda Dompu Tiba di Dusun Tekasire, pukul 16.10 Wita, Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi RI bersama rombongan melakukan penanaman perdana benih jagung, pukul 16.15 Wita, Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi menyaksikan penanaman secara tradisional jagung oleh masyarakat Desa Tekasire, pukul 16.20 Wita, dilaksanakan acara utama.

Kegiatan kunjungan kerja ini diawali dengan acara pembukaan, kemudian menyanyikan Lagu Kebangsan Indonesia Raya oleh seluruh hadirin yang hadir dan Pembacaan Do’a, oleh H. Sudirman Mustamin.

Sekretaris Daerah Kabupaten Dompu, Drs. H. Muhibuddin, M.Si, dalam sambutannya dalam momen ini, menyampaikan ucapan selamat datang kepada Menteri Dr (HC) Drs. H. Abdul Halim Iskandar, M.Pd dan Rombongan.

“Kami menyampaikan ucapan selamat datang kepada Bapak Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi RI dan Rombongan”, Ucap Sekda yang biasa disapa Aba Hi ini.

Kemudian Aba Hi melaporkan, bahwa saat ini masyarakat di daerah dengan motto Nggahi Rawi Pahu ini, khususnya petani jagung, sedang mempersiapkan diri dalam menghadapi masa cocok tanam di musim penghujan.

Selanjutnya Aba Hi, menyampaikan bahwa Kabupaten Dompu, telah memilih komoditi jagung sebagai komoditi unggulan dan menjadi bagian dari program terpijar, dengan program ini mampu mendukung dan mendorong peningkatan perekonomian bagi masyarakat.

Wakil Direktur Pupuk Indonesia, Nugroho Cristijanto, dalam sambutannyan, menyampaikan ucapan terima kepada Menteri Abdul Halim Iskandar dan para pejabat daerah yang telah mendukukung program agropolitan.

Kemudian diuraikannya bahwa kehadiran pupuk Indonesia untuk memberikan nilai tambah bagi masyarakat Kabupaten Dompu.
“Kami ingin membantu masyarakat di daerah ini untuk berkontribusi dengan ketahanan pangan nasional dengan penyediaan pupuk”, ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikannya, problem utama para petani saat ini adalah kesulitan dalam penyaluran hasil produktifitas pertaniannya.

“Kami berharap dengan siklus ini, dari hulu ke hilir mampu mensejahterakan dan meningkatkan nilai beli bagi masyarakat Kabupaten Dompu”, ungkapnya.

Mengahiri sambutannya, Nugroho Critijanto, mengukapkan bahwa Agro Solution melaksanakan kegiatan seperti bimbingan teknis, permodalan, penyediaan pupuk, koordinasi dengan Pemda, dan membantu akses dari pembeli ke petani.

Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi dalam sambutannya menyampaikan bahwa bidang pertanian saat ini menjadi sektor yang tangguh dalam masa sulit pandemi covid-19, dan para petani menjadi garda terdepannya dalam membangun ketahanan pangan nasional.

Selanjutnya, Menteri Abdul Halim Iskandar menyampaikan harapannya agar para Kepala Desa, dapat membangun desanya dengan peningkatan ekonomi.

‘Kepala Desa harus dapat mencerna dengan baik dengan membuat desanya dapat bebas dari kemiskinan dan bebas dari kelaparan, dengan membangun ketahanan pangan”, ungkapnya.

Dalam kegiatan kunker ini, para petani yang tergabung dalam KPPN Agropolitan” Kabupaten Dompu, mendapat paket bantuan baik dari Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi RI, PT. Pupuk Kaltim, maupun dari Pemerintah Kabupaten Dompu.

Kegiatan dimaksud diakhiri dengan Penandatanganan Mou Kesepakatan Bersama Pemanfaatan Kawasan Perdesaan Berbasis Korporasi Petani melalui Program Agro Solution Provinsi Nusa Tenggara Barat dan penyerahan plakat oleh Menteri Desa dan Sekda Dompu.

Rangkaian kegiatan kunjungan kerja yang berlangsung, dilaksanakan dalam ketentuan mematuhi dan mentaati protokol kesehatan covid-19. (Humas)

Jagung Menteri PDT dan Desa Sekda Dompu

Related Post

Leave a reply