P3-TGAI Hadirkan Solusi Pembangunan Irigasi Desa RabaBaka

88 views

PUSAKAPUBLIK.COM (DOMPU) – P3-TGAI merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja irigasi desa guna kesejahteraan petani, peningkatan ekonomi masyarakat, serta berkontribusi untuk ketahanan pangan dan peningkatan produksi tani. 17/11/20.

Sudah kita ketahui bersama ditengah kondisi pandemic Covid 19 ini ekonomi kerakyatan semakin menyempit Dan Dalam mendukung program ketahanan pangan nasional dan upaya peningkatan kemampuan ekonomi serta membuka lapangan pekerja ditengah wabah ini.

Melalui program ini, masyarakat dilibatkan dalam pembangunan irigasi kecil atau tersier di bawah 150 hektar dengan melibatkan langsung P3A. Salah satu P3A yang mendapatkan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air (P3-TGAI) dengan anggaran yang bersumber dari APBN Tahun 2020 Melalui Kementrian PUPR sebesar Rp.195.000.000, Dan sebut saja P3A Kambeu, Desa Raba Baka, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu yang kini sedang melaksanakan pembangunan irigasi yang berlokasi di Desa setempat.

Saat di temui PusakaPublik.com Ketua P3A Mansyur mengungkapkan bahwa kelompok petani dalam melaksanakan pembangunan daerah irigasi sudah sesuai ketentuan, sekaligus hal itu untuk meningkatkan kinerja irigasi desa guna kesejahteraan petani, peningkatan ekonomi masyarakat sekitar, serta berkontribusi pada ketahanan pangan.

“Selanjutnya dalam pelaksanaan pembangunan irigasi ini, kita didampingi Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM), program ini dapat bermanfaat bagi masyarakat pedesaan, agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dilandasi semangat kebersamaan sehingga produktivitas dapat meningkat Dan Berharap Program P3-TGAI ini berkelanjutan karena asas manfaatnya sangat besar untuk petani,” Katanya. (DUTA)

Related Post

Leave a reply