Komisi I DPRD Dompu, Paruga Sante Layak Dimekarkan Menjadi Sebuah Desa Persiapan

280 views

PusakaPublik.com. Dompu-, Beberapa bulan yang lalu tepatnya 27 November 2020, Badan Penganggaran (Banggar) DPRD dan TAPD melaksanakan rapat mengetukkan anggaran untuk pemekaran desa baru sebanyak 9 (sembilan) Desa Se-kabupaten Dompu NTB.

Adapun 9 (sembilan) desa tersebut yakni : Desa O’o Kecamatan Dompu, Desa Mumbu Kecamatan Woja, Desa Lanci Jaya, Desa Sukadamai, Desa Doromelo, dan Desa Kwangko Kecamatan Manggelewa, Desa  Mbuju Kecamatan Kilo, Desa Ta’a dan Desa Kempo Kecamatan Kempo serta Desa Pekat Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu. Rencananya pemekaran 9 (Sembilan) Desa tersebut akan direalisasikan pada tahun 2021 mendatang.

Sehingga ini merupakan pekerjaan untuk komisi I DPRD Dompu untuk secepatnya merekomendasikan sembilan desa tersebut kepada BPMPD Kabupaten Dompu.

Perlu diketahui secara bersama, bahwa dari sembilan desa rencana pemekaran tersebut ada dua desa yang sama-sama mengusulkan dua wilayah pemekaran. Kedua desa tersebut adalah Desa Doromelo dan Desa Lanci Jaya Kecamatan Manggelewa.

Desa Doromelo mengusung Wilayah Barat dengan nama Desa Paruga Sante dan Wilayah Timur Desa Manunggal sedangkan Desa Lanci Jaya mengusung Wilayah barat tepatnya di Lanci 2 dengan nama Desa Woro Jaya dan wilayah bagian timur tepatnya di Lanci 3 dengan nama Desa Syafa’a Jaya.

Hal ini, mengharuskan Komisi I DPRD Dompu untuk turun survei langsung terkait keberadaan wilayah di dua desa tersebut yang hendak dimekarkan.

Ketua Komisi I DPRD Dompu, Ir. Muttakun saat memberikan sambutan pada kunjungan survei di Desa Persiapan Paruga Sante mengatakan bahwa “Desa persiapan Paruga Sante saya rasa sudah layak dan memenuhi syarat untuk di mekarkan.”Ujarnya kepada seluruh masyarakat Desa Persiapan Paruga Sante, Rabu, (23/12/2020)

Lebih lanjut, pria yang tenar dengan julukan Jara Poro (kuda pendek – bahasa Bima) ini mengatakan bahwa, ia dan jajarannya di komisi I sudah berkoordinasi dengan BPMPD Dompu bahwa Desa Persiapan Paruga Sante akan segera ditindaklanjuti untuk dimekarkan

“Insya Allah secepatnya akan kami tindaklanjuti bersama dinas terkait, harapan kami bapak/ibu berdoa saja agar hajatan ini bisa cepat direalisasikan.” Tambahnya.

Hal senada juga di ungkapkan oleh Wakil Ketua DPRD Dompu, Jamaludin, bahwa “Secara topografi dan letak geografis, Desa Persiapan Paruga Sante memenuhi syarat, kriteria dan layak untuk dimekarkan”

“Dan juga, dilihat dari sejarah, nama Paruga Sante ini sudah ada sejak jaman kolonial dulu ketimbang nama Desa Doromelo sebagai Desa induk.” Ungkapnya

“Jika nanti benar-benar terwujud desa paruga sante ini  menjadi sebuah desa yang definitif, harapan saya, jangan dijadikan sebagai ajang untuk bermusuhan dengan desa tetangga. Kita harus tetap jaga kondusifitas wilayah kita masing-masing.” Harapnya kepada masyarakat.

Desa persiapan Paruga Sante rencananya akan memekarkan diri menjadi desa independen dengan 4 (empat) Wilayah dusun yakni Dusun Sanggopa Jaya, Dusun Sanggopa Sante, Dusun Sorinaru dan Dusun Mekarsari dengan memiliki jumlah penduduk sebanyak 2.548 jiwa, jumlah Kepala keluarga (KK) sebanyak  568 KK.

Adapun sarana dan prasarana yang ada seperti : SDN/MI ada empat, SMPN/Mts ada Tiga, SMA/MA ada dua, lapangan bola, mushola dan masjid.

Hal ini dipaparkan oleh Ketua Panitia Persiapan Pemekaran Desa Paruga Sante, Marjan, S.Sos bahwa unsur-unsur pendukung sebagai syarat pemekaran sudah siapkan semua, ia pun mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada seluruh masyarakat yang telah bersatu untuk sama-sama mewujudkan Desa Paruga Sante.

“Ini semua adalah buah dari kerja keras seluruh masyarakat yang ada di empat dusun yakni Dusun Sanggopa Jaya, Sanggopa Sante, Sorinaru dan Mekarsari. Kami atas nama kepanitiaan mengucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya.” Tandasnya

Hadir dalam survei kelayakan tersebut diantaranya, Wakil Ketua DPRD Dompu, Jamaludin, S.Sos (Dapil III – Fraksi Gerindra), Ir. Muttakun (Dapil I – Fraksi Nasdem), Ade Pribadi, SH (Dapil II – Fraksi Golkar), Suhaimin, SH (Dapil IV – Fraksi Hanura) dan Kurniawan Ahmadi (Dapil III – Fraksi Hanura). (Vidhy)

Dompu DPRD Komisi Paruga Pemekaran Sante

Related Post

Leave a reply