Hadiri Pembukaan PKD PMII Bima, H. M. Lutfi : Saya Berharap Kader PMII Bisa Bersinergi dengan Pemda

123 views

Hadiri Pembukaan PKD PMII Bima, H. M. Lutfi : Saya Berharap Kader PMII Bisa Bersinergi Dengan Pemda

PusakaPublik.com. Kota Bima,- Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC.PMII) Bima menggelar acara pembukaan Pelatihan Kader Dasar (PKD) Se – Pulau Sumbawa, Acara pembukaan digelar di Paruga Na’e Convention Center Kelurahan Manggemaci Kecamatan Mpunda, Kota Bima NTB, Rabu (27/01/2021) yang langsung dihadiri oleh Wali Kota Bima, Kapolres Bima Kota, Kapolres Bima, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Bima dan seluruh Badan Otonom (Banom) Nahdlatul Ulama.

Ketua panitia pelaksana PKD, Muhammad Afan mewakili panitia menyampaikan laporan bahwa kegiatan PKD merupakan kaderisasi jenjang kedua yang dilakukan oleh PC.PMII Bima guna menyiapkan kader – kader militan PMII yang siap berkontribusi untuk agama, bangsa dan negara.

“Kami angkat tema kegiatan ini, yakni melahirkan generasi muda berdaya saing nasional, satu cita, satu jiwa PMII untuk Indonesia,” katanya.

Afan menjelaskan bahwa PKD merupakan proses anggota PMII menjadi status kader. Kemudian diungkapkannya syarat anggota PMII dapat mengikuti PKD adalah menguasai materi – materi dasar yang disuguhkan ketika Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA). “Nah, itu syaratnya. Sahabat – sahabati (sapaan akrab di PMII) peserta hari ini, saya yakin sudah menguasainya lewat kegiatan diskusi – diskusi,” ucapnya.

Kemudian diungkapkan, lanjutnya, bahwa jumlah peserta yang ikut kegiatan PKD sebanyak 40 orang dan kegiatan akan dilaksanakan di Balai Latihan Kerja (BLK) Bima selama lima hari ke depan. “Kami atas nama panitia penyelenggara, berharap agar semua peserta dapat mengikuti sampai akhir kegiatan ini,” tuturnya.

Ketua Umum PC PMII BIMA, Mu’amar Silfah, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini merupakan langkah Pengurus Cabang dalam menyiapkan kader – kader yang berkualitas dan memiliki kesiapan dalam mendorong kemajuan daerah Bima khususnya dan umumnya untuk agama dan negara.

“Untuk bermitra dengan pemerintah, tentunya kami harus menyiapkan kualitas bukan hanya kuantitas kader PMII. Dalam hal ini, kami mengembangkan potensi kader – kader melalui pengkaderan formal maupun non formal,” terangnya.

Ketua Majelis Pembina Cabang (Mabincab) PMII Bima, Rafi’in M.Rum dalam kesempatan yang sama menekankan pada arah perjuangan PMII dalam hal melakukan pemberantasan terhadap gerakan radikalisme. “Radikalisme ini sangat mengancap keberadaan generasi muda di Bima, sebab ini adalah sebuah gerakan yang anti terhadap pemerintah,” tegasnya.

Kemudian sambutan Walikota Bima, H.Muhammad Lutfi, sekaligus membuka kegiatan secara resmi menekankan pada kader – kader PMII agar tetap menegakkan Hubbul Wathan Minal Iman. “Artinya mencintai tanah air adalah sebagian dari iman.

Lutfi juga mengajak PMII agar tetap bermitra dengan pemerintah untuk sama – sama melakukan gerakan perubahan di Kabupaten dan Kota Bima. “Kami sangat berharap adanya dukungan sahabat – sahabat PMII dalam menyukseskan program pemerintah,” tutup Walikota, H M. Lutfi yang juga alumni PMII.

Bima H. M. Luthfi PKD PMII

Related Post

Leave a reply