Simak,! ini Penjelasan Bupati Dompu terkait Vaksinasi Covid-19

176 views

PusakaPublik.com ( Dompu ) – Bupati Dompu Drs. H Bambang M. Yasin mengatakan, bahwa rencana Vaksinasi Covid-19 menjadi polemik oleh banyak orang. Selain meragukan status halalnya, juga efektifitas serta resikonya. 12/01/20.

“Dari pada berpolemik, mending semua harus mengetahui lebih jelas seperti apa sebenarnya vaksin tersebut,” ungkapnya, saat diwawancarai di halaman kantor Pemda Dompu, Senin (11/1/2021).

Perlu diketahui, Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah mengeluarkan fatwa bahwa Vaksin tersebut halal. “Bahkan Tuan Guru Bajang (TGB) yang juga seorang kiyai (tuan guru) juga menyatakan bahwa dirinya siap divaksin,” jelasnya.

Mengenai resiko vaksin covid-19, menurut Bupati, yang jelas semua tidak pernah tau apakah mati karena Covid-19 atau disebabkan karena hal lain. Dan itu, baru diketahui setelah melakukan berbagai langkah penanganan.

“Jadi intinya, kita tidak boleh berpolemik dan menjustifikasi bahwa vaksin akan menyebabkan kematian,” katanya.

Lanjut Bupati, tidak mungkin pemerintahan membeli vaksin yang akan membunuh rakyatnya sendiri. “Inilah yang mesti kita sadari,” tuturnya.

Kata Bupati, orang orang yang diprioritaskan untuk divaksin adalah para ASN, Polisi, TNI dan terutama Tenaga Kesehatan (Nakes). “Alasannya, karena para pihak ini paling intens berinteraksi dengan masyarakat,” jelasnya lagi.

Apalagi tambah Bupati, persediaan vaksin covid-19 sangat terbatas. Sehingga untuk langkah awalnya, vaksinasi itu dilakukan terhadap orang orang tersebut. “Karena stok vaksin terbatas, makanya yang duluan divaksinasi yakni ASN, Polisi, TNI dan Nakes,” paparnya.

Lebih lanjut Bupati mengimbau, agar masyarakat tidak khawatir soal vaksinasi ini. Sebab kegiatan Vaksinasi ada prosedurnya.”Sebelum orang divaksin, terlebih dahulu di periksa tekanan darahnya dan lain lain. Intinya, tidak mungkin Negara membunuh warga negaranya dengan Vaksin,” terangnya sembari mengakhiri tanggapannya.

Sebelumnya, Bupati Dompu bersama jajarannya , Senin (11/1/2021) di ruangan rapat kantor Pemda Dompu, melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) membahas mengenai rencana Vaksinasi serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 Januari 2021.

Rakor ini dalam rangka menindaklanjuti Surat Menteri Dalam Negeri Nomor: 080/25/SJ tertanggal 5 Januari 2021 terkait pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di daerah yang akan dilaksanakan secara serentak tersebut, pada Kabupaten/Kota se-provinsi sebagai simbolis pelaksanaan vaksinasi Covid-19 Tahun 2021. (Ardin).

Bupati Dompu Covid-19 Vaksinasi

Related Post

Leave a reply