Lakukan Konferensi Pers Pimpinan Cabang Ansor Dompu, PMII dan ISNU mengutuk Keras tindakan Pengeboman di Katedral Makassar

524 views

Pusaka publik.com (Dompu) – Bom bunuh diri yang terjadi di Gereja Katedral Makassar, Minggu (28/3/2021) menyisahkan delapan orang korban yang mengalami luka-luka. Para korban menjalani perawatan di RS Akademis.

Aksi itu mengundang reaksi dari berbagai macam organisasi. Salah satunya Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Dompu pada Saat Konferensi Pers di Sekretariat GP Ansor Sabtu 03 April 2021, menyatakan mengutuk keras tindakan pengeboman di Gereja Katedral, Makassar. Menurut Arman SE, tindakan tersebut merupakan aksi yang tidak dapat dibenarkan dengan alasan apapun.

“Tindakan itu merupakan sesuatu yang buruk. Tidak bisa dibenarkan dengan dalil, dan kami sangat mendukung pihak kepolisian menumpas terorisme sampai ke akar-akarnya”. tegasnya Saat didampingi Sekjen GP Ansor Dompu.

Sementara itu juga Arman SE menambahkan dengan mengutip sebuah ayat terkait ayat yang melarang bunuh diri Seperti dalam surah an-Nisa’ ayat 29 yang artinya, “Janganlah kamu membunuh dirimu, sesungguhnya Allah adalah Mahapenyayang kepadamu.”. dan ditambah Hadist Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, yang artinya “Barangsiapa yang membunuh dirinya dengan sesuatu, ia akan di adzab dengan itu di hari kiamat” (HR. Bukhari no. 6105, Muslim no. 110).

Dalam sabda lainnya, Nabi Muhammad mengatakan yang artinya “Dahulu ada seorang lelaki yang terluka, ia putus asa lalu mengambil sebilah pisau dan memotong tangannya. Darahnya terus mengalir hingga ia mati. Allah Ta’ala berfirman: ”Hambaku mendahuluiku dengan dirinya, maka aku haramkan baginya surga” (HR. Bukhari no. 3463, Muslim no. 113).

Dengan larangan itu, maka bunuh diri merupakan perbuatan haram. Oleh karenanya, ancaman berat akan diterima oleh orang yang melakukan bunuh diri.

Diwaktu yang sama juga Pergerakan mahasiswa Islam Indonesia PMII Dompu memberikan pernyataan sikap juga” Kami dari pengurus Cabang PMII Dompu mengutuk keras tindakan pemoboman bunuh diri” ujar Sekertaris umum cabang Dompu.

Sementara itu Ketua Ikatan sarjana Nahdhatul ulama ISNU Cabang Dompu Dr. Dodo Kurniawan SE, ME., Mengutuk keras juga tindakan yang tidak memiliki nurani tersebut,” kami selaku ketua ISNU Cabang Dompu mengutuk sangat keras tindakan yang tidak berhati nurani tersebut” Tutupnya. (Ardin).

ANSOR ISNU Katedral Makasar Konferensi pers PMII

Related Post

Leave a reply