Pemda dan Forkopimda Dompu Ikut mengsukseskan Festival Geopark Tambora Tahun 2021

235 views

Pusaka publik.com (Dompu) – Pemerintah Daerah (Pemda) bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Dompu, Selasa (6/4/2021) ikut mengsukseskan Festival Geopark Tambora (Taman Bumi) Tahun 2021.

Festival yang digelar di lokasi Taman Nasional (TN) Geopark Tambora Desa Sori Tatanga, Kecamatan Pekat ini, dihadiri Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah, M.Sc, beserta rombongannya.

Bupati Dompu Kader Jaelani, Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST. MT., Pj Sekda Dompu H. Moh. Syaiun, SH. M.Si., beserta jajaran pejabat dan para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Dompu, Kepala Taman Nasional (TN) Tambora dan General Manager Geopark Tambora.

Hadir juga Ketua DPRD Dompu Andi Bachtiar Jufri, A. Md. Par., Dandim 1614/Dompu Letkol Inf. Ali Cahyono, S. Kom., Kejari Dompu Mei A. Beto, SH. MH. dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Bupati Dompu Kader Jaelani, melalui sambutannya menyampaikan selamat datang kepada Gubernur NTB beserta rombongannya. “Selamat menikmati panorama alam Tambora dan berbagai destinasi yang dimilikinya seperti Sarae Nduha, Pemandian Hodo, Oi Rao serta Savana dan Kaldera Tambora yang luar biasa indahnya,” ucapnya.

Bupati menyebut, Pemkab dan masyarakat Dompu menyambut baik festival Geopark Tambora. Sebagai masyarakat Dompu yang dikenal dengan motto Bumi Nggahi Rawi Pahu, sangat bersyukur adanya kekayaan alam berupa Geopark Tambora di kaki Gunung Tambora yang diciptakan Allah SWT.

“Kekayaan alam ini mesti dijaga dan dilestarikan. Item ini tentunya memberikan nilai tambah yang baik bagi peningkatan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat maupun daerah, provinsi dan nasional,” terangnya.

Menurut Bupati, mengenai pengembangan Geopark Tambora, Pemda bersama pengelolaan Geopark Tambora akan selalu berupaya menginisiasi pola pembangunan ekonomi masyarakat dan daerah melalui sektor industri pariwisata yang dikemas dalam konsep pariwisata yang berkelanjutan.

Selain itu, juga membantu menjaga keberlangsungan dan pemanfaatan keunikan geologi, budaya dan alam secara berkelanjutan. Mendorong keterlibatan masyarakat setempat sebagai pelaku utama menjaga kelestarian alam di sekitar Geopark Tambora. “Ini bertujuan agar dapat dinikmati dan dirasakan secara berkesinambungan oleh generasi kedepan,” jelasnya.

Lanjut Bupati, Pemkab Dompu akan mengawal berbagai program dan kegiatan pembangunan yang diarahkan pemeritah provinsi NTB. Selain itu, juga ikut menjaga dan melindungi kelestarian Hutan di Kabupaten Dompu, khususnya kawasan hutan di lereng Tambora yang menjadi TN Geopark Tambora.

“Berbagai bencana alam, terutama banjir yang menimpa Kabupaten Dompu, menjadi pembelajaran berharga bagi kita semua untuk kembali memperhatikan dan mengelola lingkungan alam dengan sebaik baiknya agar tetap lestari,” paparnya.

Sambung Bupati, pengembangan budidaya tanaman Porang yang menjadi bagian dari program Jara Pasaka yang menjadi program unggulan Kabupaten Dompu, diyakini akan mampu mengembalikan fungsi hutan.

“Semoga Geopark Tambora yang berada di hamparan gunung terbesar di pulau Sumbawa ini menjadi destinasi wisata pariwisata dunia untuk kemakmuran dan kesejahteraan bersama,” Harapnya. (Ardin).

2021 Dompu Forkopimda Geopark Tambora Pemda

Related Post

Leave a reply