OPD Lingkup Pemkab Dompu harus Serius menuntaskan Persoalan Aset

132 views

Pusaka publik.com (Dompu) – Wakil Bupati (Wabup) Dompu H. Syahrul Parsan, ST. MT., mengimbau kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab untuk serius menuntaskan persoalan Aset. Hal ini diungkap Wabup saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Aset di ruang rapat Bupati (Kantor Pemda) Dompu, Selasa (18/5/2021).

Pada rapat ini juga dihadiri PJ. Sekda Dompu H. Moh. Syaiun, SH. M.Si., para Staf Ahli Bupati, Asisten Lingkup Setda, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan para Kepala Bagian Lingkup Sekretariat Daerah Kabupaten Dompu.

“Aset di masing-masing OPD harus ditelusuri dan ditertibkan, baik yang sudah dialihkan maupun yang sudah dihapus dan salah satu indikator penting opini WTP adalah tatakelola aset yang sesuai ketentuan,” ujar Wabup.

Wabup menyebut, sampai saat ini Pemda Dompu telah menorehkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak tujuh kali berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). “Untuk mempertahankan Opini WTP pada LKPD berikutnya, itulah alasan kenapa kita harus juga menuntaskan persoalan aset,” katanya.

Tambah Wabup, penertiban aset harus segera dilakukan, baik aset dari Pemerintah Provinsi ataupun dari Pemerintah Pusat. “Intinya pemanfaatan aset agar sesuai dengan ketentuan,” terangnya.

Sementara itu, Pj. Sekda Dompu H. Moh. Syaiun, SH. M.Si, juga menyampaikan bahwa aset di masing-masing OPD perlu diketahui keberadaannya. “Inilah alasan kenapa Rakor ini kita laksanakan untuk mengetahui kondisi real aset pada masing-masing OPD,” terangnya.

Menurut Sekda, aset daerah apapun kondisinya harus bisa dipertanggungjawabkan. “Perlu juga ada langkah-langkah tegas harus diambil setelah rapat ini untuk mengetahui kondisi fisik aset di lapangan,” katanya.

Disela waktu, Asisten Administrasi Umum (Asdum) Setda Dompu Drs. H. Gaziamansyuri, M.AP., melalui penyampaiannya juga dalam rakor mengatakan, untuk mendapatkan data aset yang lebih akurat, maka dalam waktu dekat akan dibentuk tim pengkoordinasian aset. “Anggota Tim yang akan dibentuk nantinya adalah para pimpinan OPD yang nantinya bertugas memeriksa kondisi ril aset,” Tandasnya. (Ardin).

Aset OPD Lingkup Pemkab Dompu

Related Post

Leave a reply